• Rabu, 20 Oktober 2021

Mudahkan Pelayanan Kependudukan, Kulon Progo Luncurkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

- Selasa, 21 September 2021 | 20:35 WIB
Peluncuran mesin ADM di Mal Pelayanan Publik Kulon Progo. (Amin Kuntari)
Peluncuran mesin ADM di Mal Pelayanan Publik Kulon Progo. (Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kulon Progo meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mal Pelayanan Publik, Selasa (21/9/2021). Peluncuran mesin ADM bertujuan untuk mempermudah pelayanan masyarakat terkait data kependudukan.

ADM merupakan mesin yang berfungsi seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Namun, mesin ini digunakan untuk kepengurusan berbagai dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran, akta kematian dan sebagainya.

Kepala Dindukcapil Kulon Progo, Aspiyah mengatakan, mesin ADM yang dipasang pihaknya merupakan hibah pinjam pakai dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Mesin ADM merupakan salah satu implementasi Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.

Baca Juga: Corona DIY Melandai, Tempat Tidur Covid-19 di RS Digeser untuk Pasien Reguler

"Mesin ini dihadiahkan kepada Dindukcapil Kulon Progo karena masuk dalam kriteria penduduk rendah yakni kurang dari 500.000 dan menjadi rangking pertama di Indonesia," katanya, di sela acara.

Sesuai arahan Dirjen, lanjut Aspiyah, mesin ADM harus diletakkan di tempat yang banyak orang, mudah dijangkau, serta operasionalnya terlindungi dan tidak terganggu. Hal ini penting untuk mengoptimalkan operasionalnya. Mal Pelayanan Publik dipilih sebagai lokasi penempatan ADM lantaran dinilai cukup strategis serta terdapat layanan Dindukcapil.

Aspiyah kemudian berharap, mesin ADM tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga dapat memudahkan kepengurusan dokumen kependudukan. Masyarakat juga diharapkan lebih sadar IT, sehingga ADM tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Kepala Manusia di Pantai Parangkusumo Ternyata Mayat Utuh yang Terpendam Pasir

Menanggapi peluncuran mesin ADM oleh Dindukcapil, Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan apresiasi. Dirinya berharap, mesin tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Sebab, pengembangan teknologi bertujuan untuk memberikan kemudahan dan percepatan proses, sehingga ADM diharapkan tidak menjadi hambatan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masyarakat Jangan Merasa Sudah Aman dari Covid-19

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Nelayan Kulon Progo Dimotivasi untuk Terus Melaut

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:55 WIB
X