• Minggu, 17 Oktober 2021

Gabriella Meilani Gugur Diserang KKB, Kemenkes Ajak Nakes Pakai Pita Hitam di Lengan Baju Selama Seminggu

- Sabtu, 18 September 2021 | 11:26 WIB
Kementerian Kesehatan mengucapkan duka cita atas gugurnya pejuang kesehatan Gabriella Meilani yang diserang KKB di Kiwirok Papua. (Instagram Kemenkes RI)
Kementerian Kesehatan mengucapkan duka cita atas gugurnya pejuang kesehatan Gabriella Meilani yang diserang KKB di Kiwirok Papua. (Instagram Kemenkes RI)

JAKARTA, harianmerapi.com - Keluarga besar Kementerian Kesehatan turut berduka cita atas gugurnya Gabriella Meilani, tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi korban kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kemenkes mengajak para nakes di seluruh Indonesia mengenakan pita hitam di lengan baju kanan selama seminggu, sebagai bentuk duka cita kepergian Gabriella Meilani.

Peristiwa kekerasan terhadap tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok ini diketahui terjadi pada Senin (13/9/2021). Dari 10 tenaga kesehatan, sebanyak 8 orang sudah megamankan diri di pos TNI.

Baca Juga: Nakes yang Jatuh ke Jurang di Kiwirok Setelah Diserang KKB Berhasil Diselamatkan Aparat Keamanan

Sementara 2 tenaga kesehatan lainnya atas nama Gabriella Meilani dan Kristina hilang dan ditemukan oleh TNI-Polri pada 15 September 2021 di dasar jurang. Satu orang berhasil ditemukan dalam keadaan hidup, dan satu lagi dalam kondisi meninggal dunia dan saat ini masih menunggu proses evakuasi.

"Kementerian Kesehatan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas tindakan cepat TNI-Polri dalam menemukan kedua korban yang hilang serta melindungi dan mengamankan tenaga kesehatan yang bertugas di Distrik Kiwirok," dikutip dari akun Instagram Kemenkes RI.

Kemenkes juga menyesalkan terjadinya kejadian ini dan berharap kejadian serupa tidak kembali terulang. Hingga kini, koordinasi dengan pihak kepolisian juga terus dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan peristiwa ini.

Baca Juga: KKB Pimpinan Lamek Taplo Membakar Puskesmas, Gedung Sekolah dan Balai Kampung

Kemenkes mengajak semua nakses di manapun mengenakan pita hitam di lengan baju kanan selama satu minggu. Hal ini sebagai bentu rasa duka terhadap sejawat yang gugur dalam menjalankan tugas.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Korupsi Bupati Muba. KPK Tahan Empat Tersangka

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:03 WIB
X