• Minggu, 17 Oktober 2021

Pengamat Intelijen Ingatkan Penangkapan Abu Rusydan Bisa Picu Balasan Kelompok JI

- Minggu, 12 September 2021 | 12:10 WIB
Pengamat militer dan intelijen Ridlwan Habib  (ANTARA/HO-Boyke Ledy Watra)
Pengamat militer dan intelijen Ridlwan Habib (ANTARA/HO-Boyke Ledy Watra)

JAKARTA, harianmerapi.com - Pengamat Intelijen dan Terorisme dari Universitas Indonesia (UI) Ridlwan Habib mengingatkan agar polisi hati-hati pasca penangkapan tokoh senior Jamaah Islamiyah (JI) Thoriqudin alias Abu Rusydan.


Ia mengkhawatirkan penangkapan tersebut bisa memicu aksi balasan dari kelompok JI.

"Tokoh senior ini banyak murid onlinenya yang dalam istilah kontraterorisme disebut 'lone wolf'," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Ia mengatakan jika memang benar polisi menangkap T alias AR di Bekasi beberapa waktu lalu berarti hal tersebut penangkapan yang sangat serius karena Abu Rusydan terkenal di kelompoknya.

 Baca Juga: Menteri PPPA Ingatkan Tantangan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap Thoriqudin alias Abu Rusydan di Bekasi beberapa lalu. Abu Rusydan adalah tokoh senior JI yang selama ini berkeliling Indonesia menjadi penceramah dan motivator agama.

Oleh karena itu, ia mengingatkan aparat keamanan agar semakin memperkuat penjagaan dan lebih meningkatkan kewaspadaan.

"Kelompok Neo JI walaupun tidak pernah menyerang sejak 2009 tapi masih punya orang-orang militan yang punya keahlian berbahaya," ujar Ridlwan.

Selain itu, Polri perlu memblokir situs dan portal yang masih memuat ceramah-ceramah Abu Rusydan. Penangkapan Abu Rusydan membuktikan bahwa deradikalisasi belum sukses mengubah orang.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Kasus Korupsi Bupati Muba. KPK Tahan Empat Tersangka

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:03 WIB
X