• Selasa, 26 Oktober 2021

Pemerintah Alokasikan Dana Rp1,2 Triliun Untuk Program Bantuan Tunai Bagi PKL dan Pemilik Warung

- Sabtu, 11 September 2021 | 21:26 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.  ((ANTARA FOTO/FAUZAN))
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. ((ANTARA FOTO/FAUZAN))

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Pemerintah meluncurkan program bantuan tunai untuk pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Dalam program ini pemerintah mengalokasikan dana senilai Rp1,2 triliun

"Pemerintah meluncurkan program ini untuk membantu semua PKL dan pemilik warung yang usahanya terdampak pandemi. Pemerintah berharap bantuan ini bisa membantu mereka untuk dapat bertahan dan memulihkan usaha mereka," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Sabtu (11/9/2021).

Bantuan senilai Rp1,2 triliun akan dibagikan kepada 1 juta PKL dan pemilik warung di wilayah PPKM. Setiap penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1,2 juta yang diharapkan dapat membantu pengelolaan kas kas dan permodalan PKL dan pemilik warung di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Setelah Terombang-ambing Lima Hari, KM Tiga Putri Yang Berpenumpang 23 Orang Itu Berhasil Dievakuasi

Johnny menambahkan, penyaluran perdana bantuan tersebut dilakukan di Medan, Sumatra Utara. Penyaluran bantuan itu adalah bentuk upaya pemerintah untuk menjaga keseimbangan pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi di tengah pemberlakuan PPKM.

"Kami selalu menegaskan bahwa pemerintah selalu berkomitmen untuk memprioritaskan keseimbangan ekonomi dan kesehatan masyarakat dalam pengendalian pandemi. Hal ini merupakan salah satu bukti negara hadir untuk melindungi setiap segmen kegiatan usaha masyarakat," kata Menkominfo.

Pemerintah, lanjutnya, memahami bahwa penerapan PPKM level 4 sangat berdampak pada aktivitas dunia usaha, khususnya segmen usaha kecil dan mikro. Banyak di antara harus tutup sementara dan melakukan berbagai langkah untuk bertahan hidup.

Baca Juga: Pencairan BLT Dana Desa Diharapkan Dapat Dirasakan Masyarakat di Tengah Pandemi

Bantuan itu diharapkan dapat meringankan beban ekonomi mereka yang terdampak, sekaligus menjadi dukungan bagi kas ataupun modal usaha PKL dan warung agar berangsur pulih.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Terbang, Ini Aturan Terbaru dari Kemenhub

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:12 WIB
X