• Selasa, 9 Agustus 2022

Kemenkumham Diminta Evaluasi Sistem Keamanan untuk Cegah Kebakaran

- Rabu, 8 September 2021 | 13:43 WIB
 Anggota Brimob Polri berjaga di pintu masuk Lapas Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021).  (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Anggota Brimob Polri berjaga di pintu masuk Lapas Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

 

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Padjalangi meminta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melakukan evaluasi terhadap sistem keamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) guna mencegah terjadinya kebakaran.

Terkait peristiwa kebakaran di Lapas Tangerang yang mengakibatkan 41 orang meninggal, Andi menyampaikan duka cita yang mendalam.

"Kemenkumham dapat melakukan evaluasi dan berbenah diri dari peristiwa kebakaran di Lapas kelas 1 Tangerang, jangan sampai sistem keamanan dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di lapas tidak ada atau tidak berfungsi," kata Andi Rio di Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Dibawa ke RS Polri Kamat Jati Jakarta Timur

Dia menilai APAR wajib dimiliki di setiap lapas di seluruh Indonesia untuk mencegah kebakaran meluas dan sebagai pertolongan pertama ketika terjadi kebakaran.

 

Menurut dia, ke depannya Kemenkumham harus meningkatkan sistem pengamanan keseluruhan seperti sarana dan prasarana yang ada di lapas agar peristiwa kebakaran di Lapas kelas 1 Tangerang tidak terulang kembali.

"Seluruh kegiatan dan tugas di Lapas Tangerang tidak terganggu dan berjalan seperti biasanya pasca-peristiwa kebakaran tersebut, jangan sampai ada tahanan yang memanfaatkan peristiwa itu untuk kabur dan melarikan diri dari lapas," ujarnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

ASEAN Para Games 2022 ditutup Presiden Jokowi

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:15 WIB
X