Jika Dilakukan dengan Tepat, Main Game Bisa Asah Keterampilan dan Produktivitas Individu

- Selasa, 9 November 2021 | 09:52 WIB
Ilustrasi bermain game. (ANTARA/HO/Pexels )
Ilustrasi bermain game. (ANTARA/HO/Pexels )

harianmerapi.com - Orang tua sering dibuat pusing dengan anaknya yang kecanduan bermain game. Padahal, jika diakukan dengan tepat, kesenangan itu justru bisa memberi kemanfaatan.

Psikolog keluarga dan anak Samanta Elsener menyebutkan, bermain game bisa mengasah keterampilan individu dalam kehidupan hingga bisa meningkatkan produktivitas kerja jika dilakukan dengan tepat.

"Seperti semua medium, game juga memiliki sisi baik, yang bisa melatih berbagai skill berguna dan pengetahuan yang dapat bermanfaat jika dilakukan secara tepat. Keterampilan ini terbentuk karena adanya gerak koordinasi mata dan tangan yang mengaktifkan fungsi kerja otak para pemain game ketika melatihnya secara tepat saat bermain game," kata Samanta dikutip dari keterangan pers TikTok, Selasa 9 November 2021.

Baca Juga: PSS Gunakan Lapangan Macanan Prambanan untuk Latihan Jelang Seri 3 Liga 1

Ada pun beberapa kemampuan yang terasah saat bermain game dan bisa meningkatkan produktivitas kerja di antaranya sebagai berikut.

Perencana Strategi
Semua permainan game membutuhkan strategi untuk menang. Entah cara menyusun lewat jalan mana, siapa yang harus dihadapi lebih dulu, hingga bagaimana langkah selanjutnya harus disiapkan dengan matang.

Baik gamer pemula ataupun gamer hardcore menyukai game yang menstimulasi perencanaan dan strategi

Baca Juga: Misteri Pertunjukan Ekstrim, Meminjam Baju Orang Lain dari Dalam Kubur

Dengan melatih strategic planning saat bermain game, seseorang bisa lebih matang dalam menentukan perencanaan jangka panjang, termasuk di pekerjaan.

Dan di kehidupan sehari-hari, kemampuan itu akan membantu seseorang untuk memperkirakan dampak atas tindakannya, dan akan berpengaruh ke kemampuan pengambilan keputusannya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X