• Jumat, 19 Agustus 2022

Gaya Arsitekturnya Sezaman dengan Candi Borobudur

- Minggu, 13 Juni 2021 | 14:54 WIB

CANDI LOSARI DI SALAM (1)

Situs Candi Losari ditemukan di tengah kebun salak milik Drs. Muh Badri di dusun Losari desa Salam Kecamatan Salam Kabupaten Magelang pada tanggal 12 Mei 2004 yang lalu. Candi ini semula terpendam. Setelah digali, kedalaman letak dasar candi antara 4 – 5 meter dari permukaan tanah di sekitarnya.

KETIKA ditemukan pertama, warga masyarakat berhasil mengumpulkan 110 buah batu bagian candi, sembilan buah batu berukir hiasan bagian atap candi, batu candi dengan ukiran bermotif sulur-sulur sebanyak empat buah. Batu candi berbentuk seperti stupa, batu-batu persegi, dan juga ada batu yang berbentuk seperti paju. Batu-batu bangunan kuna dari batu andesit tersebut sebagian besar keadaannya masih baik dan utuh dengan keindahan ukiran yang masih jelas. Situs Candi Losari terletak pada koordinat 110º 11’ 07” BT dan 07º 34’ 38,1” LS.

-
Kegiatan studi kelayakan Candi Losari (Foto: Amat Sukandar)

Kisah ditemukannya batu-batu candi tersebut berawal ketika pemilik kebun salak, Drs. Muh Badri, dibantu Ngadiran dan Mudjiman, menggali parit untuk mengairi lahan kebun salak pondoh. Kala itu, untuk mengamankannya batu-batu candi yang ditemukan ini dibawa ke halaman rumah Muh Badri di dusun Kadipolo Kulon, kira-kira setengah kilometer dari lokasi penemuan. Berdasarkan gaya arsitekturnya situs ini merupakan bangunan kuna yang dibangun sekitar abad ke-7 sampai ke-9 Masehi, sezaman dengan Candi Borobudur. Candi ini bernafaskan agama Hindu dengan ditemukannya arca Mahakala dan arca Lokapala, dewa dewa dalam mythologi agama Hindu.

Temuan batu-batu candi itu ditindaklanjuti dengan penggalian oleh tim yang dipimpin Baskoro Daru Tjahjono pada tanggal 8 sampai dengan 31 Januari 2007, dan berhasil menemukan sebuah Candi Perwara. Penggalian lanjutan oleh Tim Penggalian Situs Losari yang dilakukan dari tanggal 11 sampai dengan 28 Agustus 2008 berhasil menemukan sebuah bangunan Candi Induk dan dua buah Candi Perwara. Dengan demikian, di Situs Candi Losari ada sebuah Candi Induk dan tiga buah Candi Perwara.

Halaman:

Editor: admin_merapi

Terkini

X