KERIS, WARISAN DUNIA BERNILAI ADILIHUNG (2) – Keris Mpu Gandring Melegenda

Warangka keris, dibuat secara terpisah
Warangka keris, dibuat secara terpisah

TAMPILAN keris khas. Mudah dibedakan dengan senjata tajam lain karena tidak simetris bagian pangkalnya, bilah sering berkelok-kelok tapi tak sedikit yang lurus. Banyak di antaranya berpamor, yaknit serat-serat logam yang cerah pada helai bilah. Bentuknya bermacam ragam.

Pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel/peperangan, sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori (ageman) dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya.

Keris adalah budaya asli Indonesia. walaupun pada abad ke-14, nenek moyang bangsa Indonesia pada umumnya beragama Hindu dan Buddha, tidak pernah ditemukan bukti bahwa keris berasal dari negara India atau pun negara lainnya.

Tidak pula ditemukan bukti adanya kaitan langsung antara senjata tradisonal itu dengan kedua agama tersebut. Keris secara resmi terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Idnoensia.

Salah satu jenis keris yang melegenda dan tercatat dalam sejarah perkembangan kerajaan-kerajaan di Indonesia adalah keris Empu Gandring. Dianggap melegenda karena keris ini melahirkan banyak cerita dan bahkan kutukan dari si pembuatnya sendiri yakn Empu Gandring.

Keris pusaka legendaris ini terkenal dalam riwayat pendirian kerajaan Singasari. Bilahnya ditempa oleh Empu (Mpu) Gandring, seorang penempa besi yang sangat sakti pasda masa itu. Pesanan itu diminta oleh Ken Arok, salah satu punggawa penting di kerajaan Singhasari.

Kepada Mpu gandring, Ken Arok meminta agar keris tersebut selesai dalam satu malam saja karena akan segera digunakan. Karena kesaktiaan sang empu, keris itu berhasil diselesaikan dalam satu malam.

Tapi ketika Mpu Gandring tengah membuat sarung keris, Ken Arok tiba-tiba datang karena menurut dia waktunya telah lebih satu hari. Mpu Gandring yang dianggap ingkar lalu ditusuk Ken Arok karena dianggap tidak menepati janji untuk menyelesaikan keris dalam waktu semalam. Selain itu juga dengan alasan untuk menguji kesaktian keris itu sendiri.

Mpu Gandring yang ditusuk dengan keris butannya sendiri oleh Ken Arok, pemesannya. dalam sekaratulmaut mengeluarkan kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. (JB Santoso)

Read previous post:
Ilustrasi - Firasat Klakson Mobil Jenazah
CERITA MISTERI – Firasat Klakson Mobil Jenazah

BEBERAPA bulan terakhir, Mbok Palal (bukan nama sebenarnya) sakit tak sembuh-sembuh. Tak diketahui penyebabnya. Dokter juga sudah angkat tangan. Malam

Close