• Selasa, 19 Oktober 2021

Apa Kriteria Ibu Hamil Boleh Ikut Vaksinasi Covid-19? Ini Penjelasan dr Reisa

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 13:03 WIB
Seorang ibu hamil menerima suntikan vaksin Covid-19 di RSUD Kota Madiun, Rabu (25/8/2021).  (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)
Seorang ibu hamil menerima suntikan vaksin Covid-19 di RSUD Kota Madiun, Rabu (25/8/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)

JAKARTA, harianmerapi.com - Ibu hamil boleh divaksinasi d9, namun tentu ada beberasa syarat. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr Reisa Broto Asmoro pun menjelaskan kriteria ibu hamil yang bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 tersebut.

"Diperkenankan ibu hamil untuk vaksin Covid-19 kalau sudah memasuki trimester kedua yang mana usia kehamilannya lebih dari 12 minggu," ujar Reisa dalam bincang-bincang yang digelar virtual, Jumat (27/8.2021) malam.

Ia menjelaskan, pada trimester kedua kandungan sudah semakin kuat dengan rata-rata berat bayi dalam kandungan sudah mencapai 42 gram dengan panjang mencapai sembilan sentimeter.

Selain itu, tulang dan tengkorak calon bayi juga semakin mengeras dan kemampuan dengarnya ikut meningkat, kemampuan otaknya sendiri juga sudah berkembang sejak trimester pertama.

Baca Juga: Pare Ulo Tingkatkan Nafsu Makan

Reisa juga mengingatkan agar ibu hamil mengonsultasikan keinginan vaksinasi kepada dokter kandungan atau bidan. Setelah itu, pastikan semua prasyarat dasar terpenuhi sebelum pergi ke pos vaksin, yakni tidak demam atau suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celcius, tensi darah di bawah 140/90 mmHg, usia kehamilan minimal 13 minggu atau masa trimester kedua.

"Dan tidak sedang mengalami gangguan penyakit dan tidak ada tanda-tanda preeklamsia, hipertensi, dan lain-lain," tambah dia.

Kepastian mengenai boleh tidaknya ibu hamil mengikuti vaksinasi Covid-19 masih menjadi pertanyaan yang kerap muncul di tengah masyarakat. Banyak informasi beredar terkait hal itu yang belum terverifikasi kebenarannya.

Baca Juga: Agar Tak Terjadi Purging Saat Perawatan Wajah, Ini yang Harus Diperhatikan

Reisa pun berpesan kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan hoaks yang menyebarkan informasi keliru mengenai Covid-19.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB

Petai Hindarkan Sembelit dan Hipertensi

Senin, 11 Oktober 2021 | 19:08 WIB
X