Formula isolat protein soya yang difortifikasi dukung nutrisi anak yang alergi susu sapi

- Senin, 21 November 2022 | 08:50 WIB
Asmirandah senantiasa memperhatian pemenuhan nutrisi dan tumbuh kembang bagi buah hatinya yang tidak cocok susu sapi.  (Dok SGM Eksplor)
Asmirandah senantiasa memperhatian pemenuhan nutrisi dan tumbuh kembang bagi buah hatinya yang tidak cocok susu sapi. (Dok SGM Eksplor)

HARIAN MERAPI – Angka kejadian dan risiko alergi, terutama yang dipicu dari makanan seperti tidak cocok susu sapi, masih sering dialami oleh anak berusia di atas 1 tahun di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Secara global, sekitar 240–550 juta orang berpotensi menderita alergi makanan, di mana kondisi alergi tidak cocok susu sapi merupakan salah satu tantangan kesehatan yang sering dialami sekitar sekitar 2-7,5 persennya adalah anak-anak.

Namun, masih banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa anaknya memiliki risiko alergi susu sapi yang jika tidak ditangani dengan tepat dapat berdampak serius.

Baca Juga: SGM Eksplor kembali luncurkan gerakan Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia

Hal ini dikarenakan anak tidak mendapatkan nutrisi penting dari pembatasan konsumsi susu sapi yang menimbulkan gejala alergi, sehingga anak berisiko mengalami kekurangan asupan nutrisi dan bisa memengaruhi tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan alternatif nutrisi tepat, aman dan sama baiknya dengan susu sapi, salah satunya formula berbasis isolat protein kedelai atau soya yang telah difortifikasi untuk anak di atas 1 tahun.

Penting untuk diketahui, para bunda tidak perlu khawatir tentang mitos bahwa susu yang berbahan dasar soya tidak sebaik nutrisi dari susu sapi.

Baca Juga: 3 Mitos Soal Tumbuh Kembang Anak yang Seharusnya Dihindari

Karena faktanya, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pola pertumbuhan, fungsi metabolisme, endokrin, imunitas, sistem saraf, dan kesehatan tulang, dari anak-anak yang mengkonsumsi formula isolat protein soya tidak berbeda secara signifikan dengan anak-anak yang mengkonsumsi susu sapi.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sering Mengalami Mual? Ini Cara Mengatasinya

Minggu, 8 Januari 2023 | 15:33 WIB
X