• Kamis, 8 Desember 2022

Jenis madu bisa disesuaikan dengan makanan yang rutin dikonsumsi oleh lebah, semua bermanfaat bagi kesehatan

- Minggu, 25 September 2022 | 10:30 WIB
Jenis madu beragam biasa disesuaikan makanan yang rutin dikonsumsi lebah madu.  (Foto: Sulistyanto)
Jenis madu beragam biasa disesuaikan makanan yang rutin dikonsumsi lebah madu. (Foto: Sulistyanto)

HARIAN MERAPI – Lebah penghasil madu atau lebah madu ada beberapa jenis, sebagian di antaranya sudah dibudidayakan di berbagai daerah.

Tak jarang dalam membudidayakan lebah madu dengan cara digembala atau ditempatkan di lokasi tertentu yang banyak tanaman atau pohon sedang berbunga. Antara lain, tanaman kelengkeng, rambutan, kayu putih, randu , kopi, mahoni dan karet.

Makanan yang rutin dikonsumsi lebah tersebut dapat berpengaruh pada cita rasa maupun warna madu, sehingga jenis-jenis madu bisa disesuaikan dengan makanan yang rutin dikonsumsi lebah madu.

Baca Juga: Ramalan zodiak Leo Senin 26 September 2022, ada hal yang mengingatkan tentang masa lalu ketika.......

“Jenis-jenis madu cukup populer dan mudah ditemukan di pasaran, misalnya madu rambutan, kelengkeng, kopi, kayu putih dan randu,” ungkap praktisi pemasaran madu lebah asal Sleman, Sri Hastutik, belum lama ini.

Semua jenis madu tersebut, lanjutnya, mempunyai cita rasa manis yang khas. Sedangkan jenis mahoni, ada sedikit rasa pahit. Adapun untuk mengkonsumsi madu bisa secara langsung ataupun dijadikan campuran untuk makanan dan minuman.

Ketika dicampurkan pada makanan maupun minuman akan menghasilkan cita rasa maupun aroma tersendiri yang cukup khas. Tak kalah penting, dengan tambahan madu akan bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Spanyol ditundukkan 1-2 di kandang oleh Swiss, peringkat langsung turun

“Khususnya, jenis madu kayu putih atau eukaliptus, selain cita rasanya manis ada pula sedikit semriwing, seperti ada tambahan mint dan ada sedikit aroma obat,” terangnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Sarkopenia, penyebab dan cara pencegahannya

Selasa, 29 November 2022 | 20:55 WIB
X