• Sabtu, 25 Juni 2022

Minuman Berbahan Beras Ketan Bisa Minimalkan Risiko Kerusakan Organ Hati

- Jumat, 25 Maret 2022 | 22:35 WIB
Minuman berbahan beras ketan memiliki manfaat kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Minuman berbahan beras ketan memiliki manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.com – Minuman alami menyehatkan bisa memanfaatkan bahan-bahan lokal hasil pertanian, misalnya empon-empon, rempah-rempah dan beras ketan.

Jenis minumannya, antara lain ada wedang jahe, bandrek, bajigur, ronde, ber pletok dan wedang uwuh. Sedangkan yang berbahan beras ketan, yaitu sering disebut wedang tape ketan.

Adapun manfaat kesehatan dari wedang tape ketan, antara lain mempunyai sifat anti inflamasi atau anti peradangan. Alhasil, ketika dapat mengkonsumsi secara teratur diharapkan bisa berperan dalam menjaga serta meningkatkan kesehatan kulit secara alami.

Baca Juga: Pemimpin yang Zalim 10: Harta, Tahta dan Wanita Menjadi Ujian Utama Kaum Laki-laki

Bahkan tak jauh beda dengan beberapa minuman berbahan empon-empon, minuman ini juga diyakini memiliki kandungan antioksidan, sehingga bisa berperan melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Beberapa sumber juga menyebutkan, juga dapat berperan menjaga serta meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga diharapkan tubuh tidak mudah terserang gangguan kesehatan.

Selain itu kandungan nutrisi dalam beras ketan termasuk ketika diolah menjadi aneka jenis makanan maupun minuman diyakini juga bisa membantu meminimalkan risiko kerusakan hati.

Baca Juga: Distributor Minyak Goreng Curah di Solo Terapkan Penjualan Sistem Paket, Disperindag Akan Lapor KPPU

Apalagi jika asupan tersebut menggunakan bahan jenis beras ketan hitam, sebab diyakini pula dapat berperan memperbaiki kerusakan pada organ hati seperti hepatitis.

Sedangkan kandungan serat dalam minuman/makanan berbahan beras ketan juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mendukung kesehatan sistim pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung dan mendukung program diet agar terhindar dari berlebihan berat badan atau obesitas.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X