• Selasa, 24 Mei 2022

Sri Mulyani Ungkap 3 Tantangan Pemulihan Ekonomi Global, Ini Rinciannya

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 08:20 WIB
Keterangan Pers Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021).  (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr.)
Keterangan Pers Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr.)




JAKARTA, harianmerapi.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan tiga tantangan dalam mewujudkan pemulihan ekonomi global.


Menurutnya, pemulihan ekonomi global akibat pandemi Covid-19 di seluruh dunia saat ini tengah terjadi meski tidak merata, salah satunya karena akses vaksin yang tidak merata di seluruh dunia.


Bahkan, menurut Sri Mulyani, ada negara yang hingga saat ini vaksinasi baru mencapai 3 persen dari jumlah penduduknya.

Baca Juga: Ketersediaan Darah di UDD PMI Temangggung Sebanyak 188 Kantong

"Ada negara-negara yang sampai hari ini bahkan jumlah vaksinasinya dari penduduknya kurang dari 3 persen, di negara-negara Afrika," kata Sri Mulyani dalam keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021), seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT G20 di La Nuvola.


"Rata-rata yang di negara-negara miskin baru 6 persen dari penduduknya, sementara negara-negara maju sudah melakukan vaksinasi di atas 70 persen atau bahkan mendekati 100 persen dan mereka sudah melakukan boosting," kata Sri Mulyani.

Selain akses vaksin yang tidak merata, kata dia, pemulihan ekonomi dunia juga terancam oleh dua hal lain, yaitu terjadinya inflasi kenaikan energi dan disrupsi dari suplai.

Baca Juga: Kapolri Terbuka untuk Dikritik Demi Perbaikan Institusi

Menurut Menkeu Sri Mulyani, hal tersebut terjadi di seluruh negara yang pemulihan ekonominya sangat cepat meski mengalami komplikasi dalam bentuk kenaikan harga energi dan disrupsi suplai.

"Artinya apa? Waktu permintaan pulih dengan cepat dan kuat, ternyata suplainya tidak mengikuti," kata Sri Mulyani

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X