Kroasia melaju babak perempat final Piala Dunia 2022 usai menang adu penalti lawan Jepang

- Selasa, 6 Desember 2022 | 06:01 WIB
Para pemain timnas Kroasia melakukan selebrasi setelah mereka menang adu penalti dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 lawan Jepang di Al-Janoub Stadium, Al-Wakrah, Doha pada 5 Desember 2022.  (ANTARA/AFP/JEWEL SAMAD)
Para pemain timnas Kroasia melakukan selebrasi setelah mereka menang adu penalti dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 lawan Jepang di Al-Janoub Stadium, Al-Wakrah, Doha pada 5 Desember 2022. (ANTARA/AFP/JEWEL SAMAD)

HARIAN MERAPI - Timnas Kroasia harus melalui drama adu penalti melawan Jepang setelah bermain imbang 1-1 dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 di Al-Janoub Stadium, Al-Wakrah, Doha yang berakhir pada Selasa (4/12/2022) dini hari WIB.

Jepang sempat unggul terlebih dahulu berkat gol Daizen Maeda sebelum Kroasia menyamakan kedudukan lewat gol Ivan Perisic.

Baca Juga: Cetak lima gol dari empat laga, Kylian Mbappe mimpikan juara Piala Dunia 2022

Kemenangan ini akan membuat Kroasia menghadapi pemenang antara Brazil dan wakil Asia lainnya, Korea Selatan pada pertandingan perempat final.

Jepang langsung menggebrak pada menit awal ketika mendapat peluang pada menit ke-3 lewat tandukan Shogo Taniguchi, tetapi upayanya masih melebar.

Kroasia bisa membalas pada menit ke-9. Takehiru Tomiyasu membuat kesalahan saat menguasai bola di sisi kanan pertahanan Jepang, sehingga direbut Ivan Perisic.

Baca Juga: Terkam Senegal 3-0, Inggris tantang Prancis di babak perempat final Piala Dunia 2022

Penyerang Tottenham Hotspur itu memasuki kotak penalti untuk coba menaklukkan Shuichi Gonda, tetapi bola sepakannya bisa ditepis.

Jepang kembali mengancam pada menit ke-13. Junyo Ito mengirimkan umpan silang ke tiang jauh yang coba disambut Daizen Maeda, tetapi dia gagal menyambarnya.

Meski menguasai bola, Kroasia kesulitan menembus pertahanan Jepang. Sementara itu, Jepang beberapa kali mampu melancarkan serangan balik cepat.

Jepang memiliki peluang pada menit ke-40. Daichi Kamada punya kans untuk membawa Jepang unggul ketika dia dalam posisi bagus di kotak penalti. Sayangnya, dia tembakannya masih tidak mengarah ke gawang yang dikawal Livakovic.

Baca Juga: 16 besar Piala Dunia 2022, Prancis lawan Polandia, ini prediksinya

Namun, dua menit kemudian, Jepang mampu unggul lewat Daizen Maeda. Berawal dari umpan silang di sisi kiri yang dilepaskan Ritsu Doan, bola disundul Maya Yoshida ke depan gawang kosong dan disambar Maeda untuk mengubah skor jadi 1-0.

Hingga turun minum, skor tersebut bertahan untuk keunggulan Jepang.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X