Terkam Senegal 3-0, Inggris tantang Prancis di babak perempat final Piala Dunia 2022

- Senin, 5 Desember 2022 | 06:00 WIB
Striker Inggris Harry Kane merayakan golnya bersama rekan-rekan satu tim dalam pertandingan keempat babak 16 besar antara Inggris dan Senegal di Stadion Al-Bayt di Al Khor, Doha, Qatar. pada 4 Desember 2022.  (AFP/JEWEL SAMAD)
Striker Inggris Harry Kane merayakan golnya bersama rekan-rekan satu tim dalam pertandingan keempat babak 16 besar antara Inggris dan Senegal di Stadion Al-Bayt di Al Khor, Doha, Qatar. pada 4 Desember 2022. (AFP/JEWEL SAMAD)

HARIAN MERAPI - Inggris berhasil menghempaskan Senegal 3-0 dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022.

Untuk pertama kalinya pula dalam turnamen di Qatar ini Harry Kane sang kapten Inggris, akhirnya mencetak gol untuk berada di ambang mendekati rekor gol terbanyak sepanjang masa Inggris yang saat ini masih dipegang Wayne Rooney.

Kemenangan meyakinkan ini membuat Three Lions melenggang ke perempat final untuk menghadapi Prancis yang menggebuk Polandia 3-1 dalam pertandingan 16 besar lainnya, demikian AFP seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Piala Dunia 2022, Jepang berusaha tundukkan Kroasia 

Tim asuhan Gareth Southgate ini awalnya tampil lamban dalam laga yang berlangsung di Stadion Al Bayt itu sebelum Jordan Henderson dan Harry Kane membuat Senegal tertinggal 0-2 berkat penyelesaian klinis mereka sebelum babak pertama selesai.

Bukayo Saka mencetak gol ketiga Inggris, tetapi yang pantas dipuji tinggi-tinggi dalam skuad Inggris adalah gelandang Jude Bellingham yang tampil luar biasa dan yang berkualitas dalam penguasaan bola sehingga membuat Inggris membalikkan keadaan.

Bellingham merancang gol pembuka yang dibuat Jordan Henderson. Tak hanya sekali itu, gelandang Borussia Dortmund itu terlibat dalam gol yang dibuat Kane.

Baca Juga: Klasemen akhir Grup E Piala Dunia 2022: Jepang sensasional, Jerman kembali gagal tembus 16 besar

Kane kini telah mencetak 11 gol dalam turnamen besar sehingga menyalip Gary Lineker sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa dalam Piala Dunia.

Dalam usianya yang masih 19 tahun, Bellingham menyeruak sebagai kekuatan utama di balik ganasnya Inggris di depan gawang lawan.

Dia menjadi pemain remaja pertama yang membuat assist dalam fase gugur Piala Dunia sejak Piala Dunia 1966, setelah menjadi sorotan dunia berkat gol pertamanya untuk Inggris saat menang 6-2 atas Iran pada partai pembuka.

Baca Juga: Klasemen akhir Grup F Piala Dunia 2022: Maroko finis di puncak, Belgia tersingkir

Bellingham tampil jauh lebih dewasa ketimbang usianya ketika melawan Senegal ini.

Mengincar semifinal ketiga berturut-turut dalam turnamen besar, Inggris akan kembali ke Al Khor pada Sabtu untuk menghadapi Kylian Mbappe dan kawan-kawan yang mengalahkan Polandia 3-1 dalam hari yang sama.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X