Digasak Kroasia 4-1, Kanada angkat koper dari pentas Piala Dunia 2022 Qatar

- Senin, 28 November 2022 | 06:00 WIB
Para pemain Kroasia melakukan selebrasi setelah memenangi laga penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 Qatar kontra Kanada di Khalifa International Stadium, Doha, Minggu (27/11/2022). Kroasia menang 4-1 atas Kanada.  (AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)
Para pemain Kroasia melakukan selebrasi setelah memenangi laga penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 Qatar kontra Kanada di Khalifa International Stadium, Doha, Minggu (27/11/2022). Kroasia menang 4-1 atas Kanada. (AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)

HARIAN MERAPI - Kroasia mengalahkan Kanada sengan skor 4-1 dalam pertandingan penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 Qatar di Doha, Senin (28/11/2022) dini hari WIB.

Lewat kemenangan penting ini, Kroasia punya peluang melaju ke babak 16 besar.

Adapun Kanada harus angkat koper lebih cepat, demikian laporan AFP seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Grup E Piala Dunia 2022 makin seru, Jepang secara mengejutkan dibungkam Kosta Rika 1-0

Kroasioa yang dibesut Zlatko Dalic sempat dikejutkan oleh gol Alphonso Davies saat laga di Stadion Internasional Khalifa ini baru berjalan dua menit.

Namun penyerang Hoffenheim Kramaric mampu menyamakan kedudukan dan Marko Livaja menambah keunggulan runner-up Piala Dunia 2018 itu sebelum turun minum.

Gol di babak kedua dari Kramaric dan Lovro Majer memastikan Kroasia memetik kemenangan pertama mereka di turnamen tersebut setelah sebelumnya pada laga perdana hanya mampu bermain imbang tanpa gol kontra Maroko.

Baca Juga: Piala Dunia 2022, untuk lolos babak berikutnya Meksiko butuh kemenangan besar dari Arab Saudi

Kroasia kini duduk di puncak Grup F, di atas Maroko berdasarkan selisih gol, dan hasil imbang dalam pertandingan terakhir mereka melawan Belgia pada Kamis sudah menjamin mereka melaju ke babak 16 besar.

Di awal pertandingan, tim Kanada besutan John Herdman hanya membutuhkan waktu 68 detik untuk mengguncang Kroasia ketika Tajon Buchanan melakukan umpan silang ke area penalti Kroasia dan Davies secara sempurna menyambut dengan sundulan bola melewati kiper Dominik Livakovic dari jarak dekat.

Gol pertama Kanada di Piala Dunia ini menjadi penebus untuk Davies setelah penalti bintang Bayern Munich itu sempat digagalkan Thibaut Courtois saat mereka kalah oleh Belgia.

Baca Juga: Argentina buka peluang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, pelatih Lionel Scaloni minta tak cepat puas

Catatan gol tercepat sejauh ini di Piala Dunia 2022 tersebut ternyata tidak mengendurkan semangat Kroasia dan mereka mulai membangun motivasi untuk memenangkan pertandingan.

Dengan gelandang Chelsea Mateo Kovacic yang ditarik jauh ke depan, operan bola dan pergerakan pemain-pemain Kroasia yang cepat secara bertahap mulai memberi dampak pada Kanada hingga terjadi gol penyama kedudukan pada menit ke-36.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X