Raih suara terbanyak lewat e-voting, Ahmad Doli Kurnia terpilih sebagai Presidium KAHMI periode 2022-2027

- Senin, 28 November 2022 | 07:00 WIB
Peserta melakukan pemilihan menggunakan e-Vote. (Foto: Arif Zaini Arrosyid)
Peserta melakukan pemilihan menggunakan e-Vote. (Foto: Arif Zaini Arrosyid)

HARIAN MERAPI - Ahmad Doli Kurnia terpilih sebagai Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) masa bakti 2022-2027 di gelaran Musyawarah Nasional XI di Palu, Minggu (27/11), setelah meraup suara terbanyak dengan perolehan 417 suara.

Pemilihan tersebut dilakukan dengan e-vote, dengan mengkombinasikan yang telah diterapkan pada Muktamar Muhammadiyah di Surakarta. Kombinasi itu dengan pencetakkan evote, peserta Munas dari e-voting.

"Munas kesebelas ini sangat bersejarah. KAHMI melaksanakan pemilihannya menggunakan sistem electronic vote alias e-vote," kata Presidium KAHMI terpilih Ahmad Doli Kurnia.

Baca Juga: Ma'ruf Amin buka Munas XI KAHMI di Palu, kehadiran Anies Baswedan dielu-elukan

Sembilan presidium terpilih yakni Ahmad Doli Kurnia 417 suara, Ahmad Yohan 343 suara, Herman Khaeron 318 suara, Saan Mustopa 316 suara, M. Rifqinizamy Karsayuda 311 suara, Abdullah Puteh 295 suara, Romo H.R. Muhammad Syafii 290 suara, Zulfikar Arse Sadikin 284 suara, dan Sutomo 278 suara.

Mereka dari 38 nama calon presidium yang ditetapkan pimpinan sidang dan disepakati peserta Munas KAHMI. Terdapat 511 peserta penuh dari majelis wilayah, majelis daerah dan majelis perwakilan luar negeri menyalurkan suara dalam pemilihan tersebut.

Berdasar komposisi, dari sembilan formatur terpilih itu delapan diantaranya politikus, dan satu orang dari unsur pengusaha. Tidak ada perwakilan birokrat, akademisi dan profesional. Satu pengusaha adalah Sutomo.

Baca Juga: Akbar Himawan Buchari terpilih sebagai Ketum BPP Hipmi periode 2022-2025

Doli mengatakan, pemilihan memang telah dirancang pengggunaan e-vote di KAHMI setelah di Muhammadiyah. E-vote adalah pilihan dinilai fair dan lebih cepat untuk mendapatkan hasil.

Atas keberhasilan dalam menggelar Munas KAHMI, pihaknya sangat beterima kasih padda Majelis Wilayah Sulawesi Tengah yang dipimpin Andi Mulhanan Tombolotutu bersama majelis daerah dan panitia daerah yang sudah mempersiapkan kegiatan Munas KAHMI dengan baik.

Munas XI KAHMI di Palu, Sulawesi Tengah, 24 hingga 27 November 2022, juga menetapkan Dewan Penasihat KAHMI Akbar Tanjung, Dewan Etik Jusuf Kalla dan Dewan Pakar Mahfud MD. *

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X