• Selasa, 6 Desember 2022

Poros Nusantara usung Kepala KSP menjadi Penjabat Gubernur DKI

- Selasa, 20 September 2022 | 15:38 WIB
Ketua Presidium Poros Nusantara, Urip Haryanto yang mengusulkan Kepala KSP sebagai Penjabat Gubernur DKI.  (Alwi Alaydrus)
Ketua Presidium Poros Nusantara, Urip Haryanto yang mengusulkan Kepala KSP sebagai Penjabat Gubernur DKI. (Alwi Alaydrus)

HARIAN MERAPI - Ketua Presidium Poros Nusantara, Urip Haryanto meminta agar presiden Joko Widodo memilih Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jendral TNI (purn) H Moeldoko menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI.

"Problematika DKI sebagai ibukota negara, harus dipimpin sosok yang kapabel," kata Ketua Presidium Poros Nusantara, Urip Haryanto, Selasa (20/9/2022).

"Dan, Pj Gubernur DKI, juga harus mengetahui visi misi Kepala Negara RI. Sehingga dalam merawat ibukota, tidak memunculkan beda pendapat antara pihak istana dengan gubernuran," lanjutnya.

Baca Juga: DPR RI sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) menjadi Undang-Undang

Dikatakannya, usulan Kepala KSP agar bisa menjadi Pj Gubernur DKI, bukan berasal dari selera pribadi namun berangkat dari harapan beberapa komunitas anak bangsa, baik yang bertempat tinggal di DKI, maupun dari luar Jakarta.

"Organisasi Poros Nusantara merupakan rumah besar yang berisi dari insan pergerakan cinta Indonesia. Setelah melakukan kajian yang lama, maka teman-teman mengusulkan Moeldoko menjadi Pj Gubernur DKI," katanya.

Menurut Urip Haryanto lagi, sosok Jendral TNI (purn) Moeldoko, sangat kompeten untuk menduduki kursi DKI 1.

"Tapi yang paling penting, Pak Moekdoko sangat memahami visi misi Presiden RI dalam merawat ibukota Jakarta," tambahnya.

Baca Juga: Tersangka kasus korupsi dana BUMDes Berjo mangkir panggilan Kejari Karanganyar, ini alasannya

Sebagaimana diketahui, pasangan Anies Baswedan (Gubernur)-Ahmad Riza Patria (Wakil Gubernur), akan habis masa jabatannya, pada 16 Oktober mendatang.

Untuk pengisian Pj Gubernur, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi sudah mengurim surat usulan tiga nama calon Pj kepada Mendagri Tito Karnavian.

Selain itu, Kemendagri juga akan mengusulkan tiga nama, sehingga total 6 nama akan dirapatkan pemerintah dipimpin Jokowi.

Sejumlah nama yang sering disebut sebagai kandidat Pj Gubernur Jakarta, di antaranya Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, dan Bahtiar Baharuddin.

Baca Juga: 2 pekerja tewas tertimbun longsoran batu galian C di Aceh Besar, begini kondisi mereka

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengaku belum mendapat laporan terkait siapa kandidat yang akan memimpin Jakarta sampai Pemilu 2024.

“Belum sampai ke saya, mungkin baru sampai ke Mendagri,” kata Jokowi di sela peresmian Tol Cibitung Cilincing dan Serpong-Balaraja.

Ketika ditanya apa kriteria yang akan menjadi pedoman Jokowi memutuskan siapa yang menjadi Pj DKI, ia enggan membocorkan.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X