• Selasa, 16 Agustus 2022

Masa Libur Lebaran, Pelayanan Puskesmas di Temanggung 24 Jam

- Jumat, 29 April 2022 | 15:05 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dr Intan Pandanwangi  (Foto: Arif Zaini Arrosyid)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dr Intan Pandanwangi (Foto: Arif Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Puskesmas yang ada di Kabupaten Temanggung disiagakan 24 jam oleh Dinas Kesehatan kabupaten setempat untuk memberikan pelayanan pada warga tidak terkecuali pemudik di masa lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dr Intan Pandanwangi mengatakan menerapkan siaga bagi seluruh puskesmas untuk pelayanan mudik di masa libur lebaran.

"Siaga puskesmas ini terutama puskesmas yang ada di jalur mudik," kata dr Intan Pandanwangi, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Sistem Satu Arah di Gerbang Tol Kalikangkung Diperpanjang hingga Jumat Ini

Dr Intan Pandanwangi mengatakan siaga mudik ini di puskesmas untuk memberikan pelayanan bersifat darurat pada warga yang biasanya terjadi di masa liburan lebaran.

Kejadian itu, disampaikannya, diantaranya kecelakaan lalu lintas, diare dan keracunan. Kecelakaan lalu lintas didominasi pemudik, sedangkan diare dan keracunan oleh warga sekitar akibat mengkonsumsi makanan.

"Penanganan medis yang tepat dan sesegera mungkin harus dilakukan untuk keselamatan pasien. Puskesmas juga siaga untuk penanganan persalinan," kata dia.

Baca Juga: Rumah Sinden Kondang Anik Sunyahni Diserang Puluhan Debt Collector, Sang Anak Dikeroyok, Ini Sebabnya

Dikatakan di puskesmas disiagakan tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan didukung dengan fasilitas kesehatan serta mobil ambulan.

Dia mengemukakan petugas kesehatan di puskesmas juga terlibat untuk operasi kemanusiaan Ketupat Candi 2022. Mereka sebagian berada di pos pengamanan arus mudik. "Khusus di pos pengamanan juga disediakan untuk pelayanan vaksinasi Covid-19," kata dia.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X