• Jumat, 8 Juli 2022

Hasil Simulasi Populi Center: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Imbang Jelang Pilpres 2024

- Minggu, 24 April 2022 | 20:30 WIB
Foto kolase - Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.  (ANTARA/Arsip foto)
Foto kolase - Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (ANTARA/Arsip foto)

JAKARTA, harianmerapi.com - Hasil simulasi Pilpres 2024 oleh lembaga penelitian kebijakan dan opini publik Populi Center menunjukkan tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo imbang dengan perolehan angka 24 persen.

Deputi Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan di Jakarta, Minggu (24/4/2022), menyebutkan nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu berada di posisi teratas, yang kemudian diikuti oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 12,1 persen.

"(Kemudian) Sandiaga Uno 6,3 persen, Ridwan Kamil 5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 4 persen, Puan Maharani 2,4 persen, Andika Perkasa 1,4 persen, dan Erick Thohir 1,3 persen," kata Rafif seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Hasil Survei SMRC: Duet Prabowo-Puan Berpotensi Paling Kuat

Meskipun elektabilitas Prabowo dan Ganjar sebanding, keduanya memperoleh suara berbeda untuk tingkat popularitas dan tingkat akseptabilitas. Di dua aspek tersebut, Prabowo masih unggul di posisi puncak, sementara Ganjar berada di urutan ke empat.

"Prabowo Subianto jadi tokoh yang paling dikenal atau populer dengan 92,3 persen, disusul Sandiaga Uno 78,5 persen, Anies Baswedan 78,1 persen, Ganjar Pranowo 65,4 persen, dan Puan Maharani 63,3 persen," jelas Rafif.

Dalam laporan yang sama, lanjutnya, Prabowo juga menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju yang mendapat dukungan tertinggi dari responden survei.

Baca Juga: Sandiaga Uno Pamer Jalan Kaki ke kantor Prabowo, Komentar Kiky Saputri Disorot Warganet

Dari empat menteri yang masuk dalam bursa calon presiden, Prabowo mendapat suara terbanyak 37,1 persen, kemudian diikuti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 23 persen, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir 8 persen, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto 2,3 persen.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X