• Senin, 27 Juni 2022

Banjir Lahar Semeru Muncul, Relawan Berlarian Saat Tengah Mencari Korban Tertimbun Material: Cepet,cepet...

- Kamis, 16 Desember 2021 | 14:11 WIB
Relawan saat menyelamatkan diri banjir lahar Gunung Semeru kembali muncul, 16 Desember 2021. (Foto: tangkapan layar instagram @lumajangsatu.)
Relawan saat menyelamatkan diri banjir lahar Gunung Semeru kembali muncul, 16 Desember 2021. (Foto: tangkapan layar instagram @lumajangsatu.)

LUMAJANG,harianmerapi.com-Relawan yang tengah bertugas mencari korban erupsi Gunung Semeru dikejutkan dengan kemunculan awan panas dan banjir lahar yang kembali datang, Kamis (16/12/2021). Mereka pun berlarian menyelamatkan diri.

Dilihat dari akun instagram @lumajangsatu, awalnya para relawan tengah mengeruk material Gunung Semeru untuk mencari korban yang masih hilang.

Lokasinya di sekitar Tambang Haji Satuhan. Dalam vidoe yang diunggah di akun @lumajangsatu itu, terlihat relawan berlarian saat mendapat kabar muncul banjir lahar dari puncak. Padahal saat itu langit cerah.

"Selamat pagi, keseluruhan untuk SAR gabungan petugas pencarian diperintahkan untuk balik kanan karena banjir lahar dingin turun," ujar perekam video itu.

Baca Juga: Penampakan Material Panas Gunung Semeru 16 Desember 2021 Masuk Aliran Sungai Usai Awan Panas Muncul

Terlihat alat berat masih beroperasi. Kemudian setelah mendapat kabar itu, mereka pun buru-buru menyelamatkan diri memakai motor dan sebagain berlari. "Ayo..ayo cepet, cepet," ujarnya lagi.

Tampak di sekeliling mereka lautan material Gunung Semeru berupa pasir dan batu. Sedangkan pohon dan tanaman terlihat sudah rusak tak tak hijau lagi.

Sebelumnya, terjadi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru pada Kamis (16/12/2021). Relawan menyelamatkan diri saat Awan Panas Gunung Semeru kembali muncul. Setelahnya, material panas masuk sejumlah aliran sungai.

Dilihat dari akun instagram @lumajangsatu, terlihat material panas masuk ke aliran sungai dan bercampur dengan air hingga memicu kepulan aspa pekat.

Baca Juga: Detik-detik Relawan Menyelamatkan Diri Saat Awan Panas Semeru Muncul 16 Desember 2021: Tambah Gede, Ayo ayo...

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X