• Sabtu, 29 Januari 2022

Antisipasi Varian Bari Omicron, Wiku Adisasmito : Kaji Ulang Pembatasan Pintu Masuk Negara

- Selasa, 30 November 2021 | 20:30 WIB
uru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito.  (ANTARA/tangkapan layar)
uru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (ANTARA/tangkapan layar)

 

JAKARTA, hariaanmerapi.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengemukakan empat kunci langkah mitigasi varian baru Omicron (B.1.1.529) di Tanah Air menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

"Kunci dari antisipasi ini, pertama mengkaji ulang pembatasan pada pintu masuk negara," kata Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia yang diikuti dari YouTube BNPB di Jakarta, Selasa sore.

Wiku mengatakan pembatasan sementara masuknya pelaku perjalanan internasional tidak sama dengan melarang masuknya warga negara yang memiliki kewarganegaraan di negara-negara tersebut.

Baca Juga: Antisipasi Klitih, Polres Kulon Progo Gencarkan Razia Sajam

Pembatasan sementara dilakukan pada pelaku perjalanan internasional dengan kewarganegaraan apapun yang tinggal atau memiliki riwayat singgah di negara-negara yang terjangkit dari berbagai kebijakan yang diterapkan oleh berbagai negara di dunia.

Atas situasi tersebut, kata Wiku, maka Indonesia juga perlu mewaspadai dan mengantisipasi masuknya varian omicron dari para pelaku perjalanan internasional.

Mitigasi kedua, kata Wiku, adalah meningkatkan whole genome sequencing (WGS) untuk mendeteksi adanya varian omicron yang berpotensi menginfeksi warga negara.

Baca Juga: Kementerian Agama Telah Siapkan Skenario dan Teknis Pemberangkatan Jemaah Umrah

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

99 Karyawan Pinjol Ilegal Diamankan Polisi

Rabu, 26 Januari 2022 | 23:00 WIB
X