• Senin, 6 Desember 2021

Ketua KPK Firli Bahuri Ingatkan Teladani Rasulullah Agar Terhindar dari Sifat Tamak yang Memicu Korupsi

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:59 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Antara- Dokumentasi Humas KPK)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Antara- Dokumentasi Humas KPK)


JAKARTA,harianmerapi.com-Di hari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW saat ini, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengajak masyarakat meneladani akhlak Rasulullah. dengan begitu, kkta akan terhindar dari sifat tamak yang merupakan pagkal dari aksi korupsi.

"Ketamakan yang sifatnya sangat jahat akan bangkit di kala akhlak seorang manusia rusak. Contoh nyata jahatnya ketamakan dapat kita lihat pada seorang koruptor, manusia yang tak mampu lagi mengontrol hasrat dan hawa nafsu duniawi yang membuat dirinya rakus layaknya seekor tikus, serakah dan tamak karena tidak pernah puas dan selalu merasa kurang dengan apa yang telah dimilikinya," kata Firli dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Ia mengatakan sifat tamak menghilangkan sisi kemanusiaan, nilai ketuhanan, agama, budaya serta norma dan etika pada diri seorang koruptor, sehingga berani dan tega melakukan pidana korupsi.

Baca Juga: KPK Operasi Tangkap Tangan di Riau

"Seberapa kecilnya pendapat kita akan cukup jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi sebaliknya seberapa besarnya pendapatan kita yang kita peroleh akan selalu kurang jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup," ujar Firli.

Dia menyebut korupsi bukan hanya terjadi di zaman sekarang. Korupsi, kata dia, juga terjadi pada era kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

"Berbicara penanganan korupsi perlu dicatat, di zaman Nabi juga terjadi OTT (operasi tangkap tangan) di mana baginda Rasulullah SAW sangat membenci dan melaknat orang yang berani korupsi atau berperilaku koruptif," kata Firli.

Ia menyebutkan Nabi Muhammad SAW yang baru saja memenangi pertempuran Khaibar enggan menyalatkan satu jenazah tentara yang ikut berperang dengannya.

Baca Juga: Mantan Bupati Kukar Rajin Transfer Uang ke Eks Penyidik KPK, untuk Pengobatan Covid Hingga Ongkos Kelahiran

"Meski heran, beberapa sahabat yang melihat jelas raut kekecewaan di wajah Nabi, sigap berperan layaknya penyidik yang melakukan OTT, menemukan 'kharazan' semacam perhiasan manik-manik khas Yahudi seharga dua dirham pada jasad tentara tersebut," kata Firli.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BNPB: 13 Orang Meninggal Akibat Erupsi Gunung Semeru

Minggu, 5 Desember 2021 | 12:27 WIB
X