• Jumat, 22 Oktober 2021

Petani Cabai di Temanggung Dilatih Pengolahan dan Pemasaran Agar Mendapat Nilai LebihCabai

- Minggu, 19 September 2021 | 13:20 WIB
Pelatihan pengolahan dan pemasaran cabai di Temanggung, Minggu (19/9/2021). (Foto: Zaini Arrosyid)
Pelatihan pengolahan dan pemasaran cabai di Temanggung, Minggu (19/9/2021). (Foto: Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Untuk mendapatkan nilai lebih dan hasil komoditas cabai tidak merugi, Kementerian Pertanian, atas inisiasi Komisi IV DPR RI, menggelar pelatihan pengolahan cabai dan pemasaran hasil olahan, di Balai Desa Gilingsari, Kecamatan Temanggung, Minggu (19/9/2021).

"Pelatihan untuk mendapatan nilai lebih komoditas dan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan petani. Cabai diolah jadi bukan dijual dalam buah segar," kata anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina.

Vita Erwina mengatakan fluktuasi harga cabai sangat tinggi, harga bisa melambung yang sangat menguntungkan tetapi dapat anjlok dan merugikan petani.

Baca Juga: Satgas Madago Raya Terus Kejar Sisa DPO Teroris Poso Setelah Berhasil Menewaskan Ali Kalora

Maka itu perlu terobosan agar cabai dijual dalam produk olahan, yang harganya relatif stabil dan menguntungkan.

"Kami dari DPR RI menginisiasi pelatihan dan pemasaran produk olahan cabai untuk peningkatan kesejahteraan petani, Kementerian Pertanian menyetujui sehingga terselenggaran pelatihan ini," kata Vita Ervina, di sela pelatihan, Minggu (19/9/2021).

Dia mengatakan pelatihan untuk peningkatan kapasitas petani terutama dalam pengolahan dan pemasaran hasil budidaya cabai yang sesuai dengan tuntutan zaman dan dikemas secara modern. Petani harus semakin tangguh dalam kehidupan ke depan.

Baca Juga: Kapsul SpaceX Bawa Empat Warga Sipil Mendarat di Florida

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang Dedih Zaenuddin mengatakan peserta pelatihan dari kecamatan penghasil cabai terbesar di Temanggung, di antaranya Kandangan, Bansari, Tlogomulyo dan Temanggung.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X