• Selasa, 26 Oktober 2021

Bupati Temanggung Berharap Hujan Tak Dijadikan Alasan Pabrik Rokok Turunkan Harga

- Rabu, 15 September 2021 | 14:28 WIB
Bupati Temanggung Al Khadziq saat memantau penyerapan tembakau. (Foto:Zaini Arrosyid )
Bupati Temanggung Al Khadziq saat memantau penyerapan tembakau. (Foto:Zaini Arrosyid )


TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Hujan jangan dijadikan alasan bagi pabrik rokok untuk menurunkan harga beli tembakau rakyat di kabupaten tersebut. Tembakau harus dihargai sesuai dengan kualitas dan memenuhi kebutuhan produksi rokok.

"Hujan memang mengguyur, tetapi tidak semua tembakau terpengaruh terutama yang sudah dipetik dan diproses sebelum hujan. Hujan jangan dijadikan alasan untuk menurunkan harga jual pembeli," kata Bupati Temanggung Al Khadziq, Rabu (15/9/2021))

Dia mengemukakan keprihatinan mendalam dengan kondisi pertembakauan akhir-akhir ini. Usaha secara maksimal telah dikerjakan dengan beberapa kali datang ke pabrikan rokok dan memintanya melakukan percepatan penyerapan tembakau rajangan kering rakyat dan harga dinaikkan lagi agar petani tidak merugi.

Baca Juga: Dua Jabatan Kasat di Polres Salatiga Diserahterimakan

"Tetapi nampaknya permintaan ini belum bisa dipenuhi sehingga sampai saat ini harga jual tembakau relatif masih rendah," kata dia.

Dia juga menyampaikan keprihatinan dengan cuaca cuaca yang turun hujan di berbagai wilayah Kabupaten Temanggung, sehingga harga tembakau berpotensi tidak menguntungkan petani.

Maka itu, terang dia, dirinya telah berkirim surat kepada Menteri Perindustrian agar kementerian turun tangan memberikan atensi bagi masyarakat pertembakauan.

Baca Juga: Dukung Pemulihan Akibat Pandemi Covid-19, Indonesia Harus Tingkatkan Keterbukaan Ekonomi

Perkembangan dari surat itu, kata dia, informasi yang diterima Kementerian Perindustrian akan berkirim surat ke pabrik rokok, agar mereka mempercepat penyerapan dan agar harga tidak merugikan para petani.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinsos Temanggung Salurkan Bantuan UEP dan KUBE

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Info Stok Darah PMI Temanggung Senin 25 Oktober 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:30 WIB
X