• Kamis, 19 Mei 2022

Stres Akibat Covid-19, Psikoterapis Anger Management Dandi Birdy Berbagi Cara Mengatasi

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 17:55 WIB
Ilustrasi kesehatan mental  (ANTARA/Shutterstock )
Ilustrasi kesehatan mental (ANTARA/Shutterstock )

JAKARTA, harianmerapi.com - Masalah kesehatan mental, seperti stres, banyak terjadi selama pandemi, khususnya pada seorang penyintas atau yang sedang menjalani isolasi karena Covid-19.


Untuk mencegah agar tidak menjadi masalah yang lebih buruk, psikoterapis Anger Management Dandi Birdy berbagi cara mengelola emosi agar tidak menghasilkan stres negatif yang dapat memperburuk kesehatan mental dan fisik seseorang.

"Biar sehat mental ada pilar utama yang harus diketahui yaitu emosional, intelektual, sosial, fisik, dan spiritual," ujar Dandi dalam webinar 'Stress Management' pada Sabtu (7/8/2021).

Baca Juga: Pupuk Indonesia Sumbang 286 Ton Oksigen Medis Guna Penanganan Pasien Covid-19

Dandi mengatakan setiap orang memiliki dorongan untuk mengatasi masalah, namun titik mulai dan cara orang dalam merespons berbeda. Hal ini tergantung pada psikohistoris, kadar kesehatan mental dan kadar keimanan.

Pada pilar pertama atau emosional, seseorang harus mengalirkan emosi yang dirasakan bukan malah mengalihkannya pada hal lain. Kebanyakan orang jika sedang emosi melampiaskan dengan melakukan hal yang disukai untuk mengalihkan perhatian, padahal itu hanya akan menumpuk emosi dan bisa meledak kapan saja.

"Emosi harus dialirkan bukan dialihkan. Emosi itu kan energi jadi yang teralirkan itu energi fisik bukan psikis. Akan lebih maksimal kalau psikisnya juga," kata Dandi.

Baca Juga: Bamsoet Ingatkan Ancaman 'Bom Waktu' Karena Generasi Milenial Kurang Paham Pancasila

"Konsepnya sadar dulu apa yang dihadapi, marah, sedih, kesel. Terus terima kalau lagi marah, sedih dan izinkan perasaan itu dengan terapi bukan pada sembarang tempat kayak marah yang meledak-ledak. Setelah itu lepaskan biarkan mengalir keluar, ikhlaskan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB
X