• Sabtu, 28 Mei 2022

Sistem Operasi BlackBerry Berhenti Mulai Selasa 4 Januari 2022 Hari ini

- Selasa, 4 Januari 2022 | 07:45 WIB
 Arsip Foto - Logo Blackberry terlihat pada smartphone di depan grafik stok yang ditampilkan dalam ilustrasi ini diambil Jumat (5/2/2021). (ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/am.)
Arsip Foto - Logo Blackberry terlihat pada smartphone di depan grafik stok yang ditampilkan dalam ilustrasi ini diambil Jumat (5/2/2021). (ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/am.)

harianmerapi.com - Terhitung mulai 4 Januari 2022 hari ini, BlackBerry berhenti beroperasi. Pelopor ponsel keyboard QWERTY ini mengumumkan bahwa sistem operasi BlackBerry OS tak bisa digunakan secara optimal.

Dengan demikian, setelah 4 Januari, BlackBerry 10, BlackBerry 7.1 dan sistem operasi versi sebelumnya sudah tak tersedia lagi.

"Mulai tanggal ini, perangkat yang menggunakan layanan dan perangkat lunak tersebut, apakah melalui penyedia layanan atau koneksi WiFi, tidak lagi benar-benar berfungsi," kata BlackBerry pada laman tanya-jawab mereka, dikutip Selasa (4/1/2022).

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa, 4 Januari 2022: untuk Capricorn, Aquarius, dan Pisces: Segera Perbaiki Masalah

Fungsi-fungsi utama seperti data internet, panggilan telepon, SMS dan memanggil nomor darurat 911 sudah tidak berfungsi lagi.

BlackBerry juga menghentikan dukungan untuk sistem operasi yang digunakan pada tablet mereka, BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi terdahulu.

BlackBerry menyatakan alasan menghentikan sistem operasi karena mereka ingin memberikan layanan keamanan intelijen perangkat lunak bagi pelanggan perusahaan dan pemerintahan.

Layanan dan aplikasi lainnya juga akan terdampak karena sudah tidak ada dukungan untuk perangkat lain, antara lain alamat email yang menggunakan domain BlackBerry, BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend dan BlackBerry Protect.

Baca Juga: Ganjar Pranowo: Penanganan Libur Natal dan Tahun Baru di Jateng Terkendali, Semoga Tak Ada Dampak Covid-19

Mereka terakhir kali memberi pembaruan untuk sistem operasi pada 2013.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Membuat Kata Sandi yang Aman dan Kuat

Jumat, 6 Mei 2022 | 19:40 WIB
X