• Selasa, 7 Desember 2021

Apa Itu Badai Sitokin yang Hampir Merenggut Nyawa Deddy Corbuzier?

- Senin, 23 Agustus 2021 | 08:18 WIB
Deddy Corbuzier  (Instagram @mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier (Instagram @mastercorbuzier)

JAKARTA, harianmerapi.com – Deddy Corbuzier mengalami Badai Sitokin saat positif Covid-19 yang membuatnya krtitis hingga hampir meninggal. Lantas apa itu Badai Sitokin?

Sindrom Badai Sitokin disebabkan oleh peningkatan respons imun. Sejatinya sistem kekebalan berfungsi untuk membantu kita melawan infeksi. Namun, terkadang sistem imunitas ini memberikan respons yang tidak semestinya dan justru memperparah kondisi penyakit.

Dikutip dari halodoc.com sebagaimana ditinjau oleh dokter Rizal Fadli, setiap kali tubuh yang sehat melawan infeksi, ada respons sistem kekebalan alami yang terjadi. Sitokin pada dasarnya memberi sinyal sistem kekebalan untuk mulai melakukan tugasnya. Ini adalah situasi yang wajar. Namun, ketika pelepasan sitokinnya terlalu banyak maka sistem kekebalan tubuh mulai menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Ngaku Kena Covid-19, Sempat Kritis dan Hampir Meninggal

Secara medis, Badai Sitokin berarti jalur sel yang telah dihidupkan mengarah ke produksi sejumlah mediator biologis (yang merupakan sejenis pemancar sinyal) yang menyebabkan perubahan pada tubuh dan mengganggu fungsi sel normal.

Ini berarti sejumlah besar sitokin yang dilepaskan menciptakan tingkat peradangan tinggi di area tubuh yang sedang mengalami peradangan sehingga bisa berakibat fatal. Badai sitokin ini juga dinilai lebih mematikan daripada virus asli yang sedang bercokol di tubuh.

Pemicu Badai Sitokin

Badai Sitokin dapat dipicu oleh sejumlah infeksi, termasuk influenza, pneumonia, dan sepsis. Respons imun yang meningkat ini tidak terjadi pada semua pasien dengan infeksi parah, tetapi para ahli tidak tahu apa yang membuat beberapa orang lebih rentan daripada yang lain.

Baca Juga: Sempat Percaya Diri Tak Tertular, Dedi Corbuzier Jelaskan Ganasnya Serangan Covid-19

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X