• Senin, 27 Juni 2022

Ciplukan Singkirkan Kolesterol Jahat, Flu dan Sakit Tenggorokan

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 11:30 WIB
          Bagian buah ciplukan ada khasiat kesehatannya. (Foto: Sulistyanto)
Bagian buah ciplukan ada khasiat kesehatannya. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman yang bisa ditemukan di alam bebas dan dijua di beberapa pasar tradisional, ternyata kaya nutrisi dan berkhasiat bagi kesehatan.

Menurut Hadi Wijaya yang tinggal di kawasan Sleman, dengan rutin mengkonsumsi asupan buah ciplukan akan membantu menyingkirkan kolesterol jahat di tubuh secara alami. Buah ciplukan dapat mendukung imunitas atau kekebalan tubuh. Bahkan dapat juga untuk terapi kencing manis, melawan sakit tenggorokan, musuh influenza dan bisul.

“Tak hanya bagian buahnya saja yang berkhasiat, sebab bagian daun, batang serta akar tanaman ciplukan diyakini ada khasiat kesehatannya,” tandas Wijaya.

Adapun bahan alami untuk menggempur serangan influenza maupun sakit tenggorokan, yaitu cukup rutin mengkonsumsi buah ciplukan. Selain itu dapat dengan membuat ramuan berbahan seluruh tanaman ciplukan dari akar, batang, daun dan sebagian buah ciplukan.

Baca Juga: Tanaman Nona Makan Sirih Redakan Radang Telinga Kronis dan Memperlancar Air Seni

Cara sederhananya, yakni dengan menggunakan semua bagian tanaman ciplukan dan sudah dicuci bersih menggunakan air mengalir. Selanjutnya dipotong-potong kisaran tiga centimeter dan segera dijemur. Bahan ini setelah kering bisa dibungkus agar tak lembab lagi.

Sewaktu-waktu ingin menggunakannya tanpa perlu repot-repot mencari di alam bebas, tapi tinggal menyeduh menggunakan air panas. Setiap delapan sampai 15 gram bahan berkhasiat ini bisa direbus menggunakan air secukupnya. Lalu bagian airnya disaring dan hasilnya diminum.

Lain halnya jika untuk terapi kencing manis, resepnya mirip membuat ramuan untuk influenza ataupun sakit tenggorokan, namun direbus menggunakan dua gelas air, sampai tersisa airnya satu gelas. Setelah dingin disaring dan diminum sekaligus pada pagi hari. Ampas dari ramuan ini bisa direbus sekali lagi, agar bisa diminum sore harinya.

Baca Juga: Pemkab Sukoharjo Bantu Pengisian Oksigen Gratis untu Warga Isoman

Sedangkan sebagai penggempur serangan bisul, yaitu bisa memanfaatkan setengah genggam lalu dicuci bersih dan digiling sampai halus. Hasilnya cukup dibalurkan pada bagian yang terkena bisul dan sekelilingnya. Setelah itu dibalut dan sebaiknya diganti dua atau tiga kali dalam sehari, sehingga diharapkan bisa segera teratasi.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X