• Selasa, 9 Agustus 2022

Kenapa ASI sangat penting? Karena itu merupakan imunisasi pertama bagi bayi....

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 13:55 WIB
Seorang ibu menyusui memanfaatkan ruang laktasi yang tersedia di Teras Malioboro 2, Kota Yogyakarta, Kamis (9/6/2022).  (ANTARA/Eka AR)
Seorang ibu menyusui memanfaatkan ruang laktasi yang tersedia di Teras Malioboro 2, Kota Yogyakarta, Kamis (9/6/2022). (ANTARA/Eka AR)

HARIANMERAPI.com - Air susu ibu (ASI) sangat penting bagi bayi, karena itu merupakan imunisasi pertama bagi bayi.

"ASI itu merupakan imunisasi pertama untuk bayi, untuk menghindari penyakit dan mencegah kematian," kat Ketua Satuan Tugas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. dr. Naomi Esthernita F. Dewanto dalam seminar virtual dalam rangka World Breastfeeding Week yang diikuti dari Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Selain mengandung nutrisi esensial yang dibutuhkan bayi, ASI mengandung immunoglobulin (antibodi) yang memperkuat sistem imun lokal saluran cerna serta komponen lain yang mempunyai efek perlindungan.

Baca Juga: Kenapa kota Bogor disebut ikon wisata perkotaan? Begini jawaban Sandiaga Uno....

Seperti laktoferin yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan lisozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri yang terdapat pada selaput lendir saluran cerna.

Keberadaan zat-zat bioaktif dalam ASI mendukung ketahanan tubuh bayi, yang ketika baru lahir imunnya masih rendah.

"Immunoglobulin yang akan keluar lewat ASI itu akan sampai ke bayi. Jadi immunoglobulin juga merupakan imunisasi, pertahanan tubuh bayi," kata Naomi.

​​​​​​Kepala Departemen Pediatri Universitas Tarumanegara itu menyoroti penurunan angka pemberian ASI eksklusif selama enam bulan kepada bayi.

Baca Juga: Hasil pemeriksaan laboratorium negatif, Kemenkes : belum ada kasus cacar monyet di Indonesia

Dia mengutip data hasil Riset Kesehatan Dasar yang memperlihatkan penurunan angka pemberian ASI eksklusif dari 61,33 persen pada 2017 menjadi 37,3 persen pada 2018.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fungsi Garam bagi Tubuh Seberapa Penting?

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:50 WIB

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X