• Sabtu, 25 Juni 2022

Tak Hanya Buahnya, Daun Tanaman Parijoto juga Memiliki Khasiat Kesehatan

- Selasa, 29 Maret 2022 | 20:35 WIB
Bagian daun tanaman parijoto mempunyai khasiat kesehatan, yakni musuh diare.  (Foto: Sulistyanto)
Bagian daun tanaman parijoto mempunyai khasiat kesehatan, yakni musuh diare. (Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.com – Tanaman parijoto mempunyai beberapa tampilan khas seperti pada bagian daun, bunga serta buahnya. Sebagian warga bahkan menjadikan parijoto sebagai tanaman hias maupun obat.

Bagian tanaman yang berkhasiat, selain buahnya, daun-daun parijoto juga diyakini mempunyai beberapa manfaat kesehatan atau dapat dijadikan bahan alami untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan.

Salah satu khasiatnya, yaitu sebagai musuh diare secara alami. Resep sederhananya, yaitu cukup dengan menggunakan bagian daun-daun segar parijoto yang tak terlalu tua maupun terlalu muda.

Baca Juga: Walikota Magelang Bertemu Para Pengusaha dari Etnis Tionghoa, Apa yang Dibahas?

Daun-daun tersebut dicuci bersih menggunakan air mengalir seperti air dari kran, lalu direbus dengan air bersih sampai mendidih selama kisaran 15 menit. Hasilnya disaring dan setelah hangat atau dingin diminum dua kali sehari, pagi dan sore sampai serangan diare bisa teratasi.

Sedangkan bagian buah parijoto yang wujudnya kecil-kecil selain bisa dikonsumsi langsung, dapat pula diolah menjadi asupan menyehatkan, misalnya wujud sari buah parijoto, dicampurkan pada pecel, rujak, sirup maupun dibuat minuman jus.

Berbagai sumber menyebutkan buah parijoto, antara lain dapat membantu mencegah dan melawan sariawan, diare dan menyingkirkan kolesterol jahat serta radikal bebas di dalam tubuh.

Baca Juga: PBSI Batalkan Keikutsertaan Ganda Putri di Orleans Open 2022, Ini Alasannya

Tak ketinggalan, bagian buah parijoto juga dapat membantu timbulnya kanker. Bahkan bisa membantu memperkuat ataupun menyuburkan kandungan, jika rutin dikonsumsi wanita yang sedang hamil.

Ketika dimakan secara langsung, dalam sehari bisa cukup makan satu sampai tiga buah parijoto. Sedangkan resep sederhana lain, seperti untuk membantu melawan sariawan, yakni bisa menggunakan beberapa buah parijoto yang sudah dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X