• Sabtu, 25 Juni 2022

Bunga Pukul Empat Miliki Khasiat Kesehatan, Mulai Musuh Batuk Sampai Infeksi Saluran Kencing

- Selasa, 29 Maret 2022 | 10:41 WIB
Bunga pukul empat dapat difungsikan sebagai tanaman hias dan obat alami.  (Foto: Sulistyanto)
Bunga pukul empat dapat difungsikan sebagai tanaman hias dan obat alami. (Foto: Sulistyanto)


JOGJA, harianmerapi.com – Bunga pukul empat sering difungsikan sebagai tanaman hias maupun obat. Bagian tanaman yang digunakan untuk obat alami mulai dari akar sampai daun-daunnya.

Dinamakan bunga pukul empat, pasalnya bunganya bermekaran sempurna kisaran pukul 16.00 (empat sore) sampai 18.00, baik yang jenis bunganya warna pink, kuning, putih, merah, kombinasi sejumlah warna serta warna-warna lainnya.

Sejumlah literatur menyebutkan, bunga pukul empat dengan nama ilmiah Mirabilis jalapa, antara lain dapat membantu melawan batuk berdarah, bisul, koreng, batu ginjal sampai infeksi saluran kencing.

Baca Juga: Dua Tahun Pandemi, Apakah Masker Masih Penting, Ini Jawaban Prof Zubairi Djoerban

Pemanfaatannya sebagai musuh serangan batuk berdarah, yaitu cukup menghaluskan 30 gram bunga pukul empat menggunakan blender dan diberi air matang secukupnya. Minuman berkhasiat ini dikonsumsi rutin dengan tambahan madu murni.

Sedangkan untuk membantu mengatasi difteri, dapat memanfaatkan 30 gram daun sambiloto dan 60 gram akar bunga pukul empat. Bahan ini setelah dicuci bersih lalu direbus dengan air secukupnya, hingga mendidih selama beberapa saat.

Lalu untuk melawan bisul, yaitu bisa memanfaatkan 10 lembar daun bunga pukul empat. Cara sederhananya, daun-daun dicuci sampai bersih menggunakan air mengalir. Setelah itu digiling atau ditumbuk sampai halus dan diberi garam secukupnya.

Baca Juga: Pimpin Pemakaman Lettu Anumerta Marinir Muhammad Iqbal, Ini Pesan Danlantamal VI Makassar

Ramuan alami ini cukup diturapkan atau dioleskan pada bisul serta sekelilingnya lalu dibalut. Cara ini dilakukan satu atau dua kali dalam sehari, diharapkan bisul akan lekas sembuh.

Sedangkan untuk membantu melawan batu ginjal serta batu empedu, resep sederhananya, yaitu bisa memanfaatkan bagian bunga pukul empat dikombinasi daun kejibeling. Masing-masing sebanyak 30 gram lalu direbus dengan 500 ml air sampai menyusut sekitar setengahnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X