• Selasa, 16 Agustus 2022

Ikan Kakap Merah Mirip Nila Merah, Kandungan Seleniumnya Bantu Singkirkan Radikal Bebas

- Kamis, 3 Maret 2022 | 10:30 WIB
Ikan kakap merah punya manfaat kesehatan, secara sekilas mirip nila merah.  (Foto: Sulistyanto)
Ikan kakap merah punya manfaat kesehatan, secara sekilas mirip nila merah. (Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.com – Ikan kakap merah termasuk jenis ikan laut populer dan biasa dijual oleh pedagang ikan laut. Secara sekilas, tampilan ikan ini mirip nila.

Tak kalah penting, baik kakap merah maupun nila merah mengandung nilai gizi, sehingga dapat membantu mendukung kesehatan badan secara alami.

Olahan atau masakan ikan kakap merah pun beragam jenisnya, seperti cukup digoreng, dikukus, dibakar, dijadikan bahan isian pangsit, ditumis dan dibuat masakan kakap kuah kuning.

Baca Juga: Heboh Nama Soeharto Hilang dalam Sejarah Serangan Umum 1 Maret, Ini Jawaban Mahfud MD

Sejumlah literatur menyebutkan, dengan rutin mengonsumsi asupan berbahan kakap merah bisa diperoleh manfaat atau khasiat kesehatan. Apalagi dalam membuat masakan kakap merah juga dikombinasi dengan bahan lain seperti empon-empon/bumbu, sayur-mayur dan lalapan.

Salah satu gizi yang terkandung di daging ikan kakap merah, yaitu vitamin A. Vitamin ini antara lain bisa berperan dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata.

Sedangkan kandungan gizi wujud mineral dalam daging ikan kakap merah, antara lain ada selenium. Dengan adanya kandungan selenium menjadikan kakap merah berfungsi sebagai anti oksidan sehingga diharapkan mampu membantu dalam menyingkirkan radikal bebas di tubuh.

Baca Juga: Badan Terasa Greges-greges di 'Hari Greges Nasional', Gejala Terinfeksi Omicron?

Radikal bebas di tubuh dapat menjadi pemicu munculnya beberapa gangguan kesehatan atau penyakit, salah satunya yakni kanker. Selain itu dalam daging ikan kakap merah juga memiliki kandungan omega-3 cukup tinggi.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fungsi Garam bagi Tubuh Seberapa Penting?

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:50 WIB

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB
X