• Rabu, 5 Oktober 2022

Jangan senang dulu bila terima transfer uang, bisa jadi itu modus Pinjol ilegal

- Rabu, 20 Juli 2022 | 21:55 WIB

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Masyarakat harus mewaspadai modus pinjaman online ilegal dengan melakukan transfer dana tanpa pengajuan, karena penerima dana pernah akses aplikasi pinjaman online ilegal dengan mengisi data.

Walaupun pada akhirnya yang bersangkutan tidak meminjam, namun data nomor rekening, kontak, dan data pribadi lainnya sudah didapatkan aplikasi pinjaman online ilegal.

"Untuk itu kami mengimbau agar masyarakat menghindari pinjaman online ilegal dan hanya menggunakan aplikasi yang memiliki izin dari instansi terkait," ujar ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L Tobing, di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: ETLE di Sukoharjo akan ditempatkan di 11 titik, dimana saja lokasinya?

Oleh karenanya dia mengimbau masyarakat untuk melapor kepada pihak kepolisian jika menerima transfer dana tanpa pengajuan yang menjadi modus terbaru yang dilakukan oleh pinjaman online (pinjol) ilegal.

Apabila masyarakat menerima transfer dana tanpa pengajuan dari pinjaman online ilegal atau mengalami kerugian akibat hal tersebut, kata dia, masyarakat diimbau untuk segera melapor kepada pihak Kepolisian RI.

"Namun demikian, apabila diperoleh informasi nomor rekening dan bank pengirim, maka masyarakat disarankan agar dana dikirimkan kembali kepada pengirim," kata Tongam.

Tongam menyampaikan, dalam rangka menangani pinjaman online ilegal, termasuk yang menggunakan modus transfer dana tanpa pengajuan, SWI di pusat dan juga Tim Kerja Satgas Waspada Investasi Daerah melakukan upaya baik preventif maupun represif.

Baca Juga: Kecelakaan maut di Salatiga, dua pelajar tewas terlindas truk di depan makam

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X