• Selasa, 30 November 2021

Tingkatkan Pemasaran Digital, Tim Abdimas UNY Dampingi Pengusaha Batik di Bantul

- Senin, 25 Oktober 2021 | 09:19 WIB
Tahapan membuat kain batik yang didampingi Tim Abdimas UNY. (Foto: Dokumen Tim Abdimas UNY)
Tahapan membuat kain batik yang didampingi Tim Abdimas UNY. (Foto: Dokumen Tim Abdimas UNY)

JOGJA,harianmerapi.com – Adanya pandemi Covid-19 sangat berdampak pada beragam usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di masyarakat. Sudah selayaknya pemilik UMKM perlu beradaptasi dengan cepat menghadapinya guna menghindari keterpurukan akibat adanya pandemi.

Merespons kondisi UMKM di tengah pandemi Covid-19, Tim Pengabdian Pada Masyakarat (Abdimas) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terdiri dari Agung Utama dan Anita Mustikasari (Prodi Manajemen FE UNY) serta Nur Kholifah (Prodi Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT UNY) memberikan pendampingan dan pelatihan pada pemilik usaha Batik Nonalia di Gedongsari Wijirejo Pandak Bantul.

Dengan adanya pendampingan diharapkan bisa membantu dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pemasaran digital / digital marketing, diversifikasi produk serta pengembangan usaha dalam bentuk Edu-Wisata Batik.

Baca Juga: Kesaktian Syekh Maulana 8: Dikenang Lewat Kain Batik dan Tari Simo Gringsing

“Program pelatihan dan pendampingan ini kami desain selama enam bulan, dimulai pada April 2021,” ungkap Agung Utama, baru-baru ini.

Menurutnya, selama pelaksanaan kegiatan, Tim Abdimas UNY mengadakan pelatihan tentang diversifikasi produk batik seperti masker, pakaian fashion, topi, tas dan lainnya. Bahkan memberikan bekal seputar teknik-teknik alami dalam pewarnaan batik.

Tim juga memberikan bantuan pendampingan terkait penggunaan sosial media, ecommerce dan toko online atau online store berupa pembuatan website.

Sehingga dengan penerapan digital marketing diharapkan membantu memperluas akses pasar produk batik Nonalia yang selama ini masih menggunakan pendekatan tradisional dalam memasarkan produk-produknya yang terkonsentrasi pada beberapa pasar tradisional di Solo.

Baca Juga: Didukung Wakil Walikota Semarang, Mahasiwa Lampung Kolaborasikan Dua Motif Batik

“Kami juga memberikan bantuan berupa almari display, yaitu untuk mendisplay produk -produk yang sudah dihasilkan agar menjadi lebih menarik,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harbokir JNE Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Jumat, 26 November 2021 | 09:32 WIB

Jaygan Fu Ponnudurai CEO Baru OVO

Sabtu, 20 November 2021 | 10:09 WIB
X