• Minggu, 17 Oktober 2021

Presiden Jokowi Minta Pengusaha Mebel Ikut Jaga Keberlanjutan Hutan Guna Penyediaan Bahan Baku

- Senin, 20 September 2021 | 14:56 WIB
Tangkapan Layar - Presiden Jokowi menyampaikan sambutan secara virtual dalam International Furniture Expo (Ifex) VIrtual Showroom 2021 dipantau di Jakarta, Senin (20/9).  (ANTARA/Indra Arief)
Tangkapan Layar - Presiden Jokowi menyampaikan sambutan secara virtual dalam International Furniture Expo (Ifex) VIrtual Showroom 2021 dipantau di Jakarta, Senin (20/9). (ANTARA/Indra Arief)

JAKARTA, harianmerapi.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para pelaku industri mebel untuk ikut menjaga keberlanjutan hutan. Ini penting guna menjaga keberlanjutan penyediaan bahan baku serta menerapkan kegiatan produksi yang rendah karbon.


Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi secara virtual dalam International Furniture Expo (Ifex) VIrtual Showroom 2021 dipantau di Jakarta, Senin (20/9/2021).
“Penyediaan bahan baku harus menjaga keberlanjutan hutan, proses produksi harus rendah karbon, manfaat ekonominya harus dirasakan oleh masyarakat lapis bawah,” kata Presiden.

Presiden Jokowi menekankan industri mebel domestik harus mampu meningkatkan daya saing di pasar global. Namun, daya saing industri mebel bukan hanya mengenai kualitas produknya, melainkan nilai-nilai yang dipegang teguh mulai dari proses produksi.

Baca Juga: Kontak Tembak TNI-Polri dengan KKB Kembali Terjadi di Kiwirok, KKB Serang Warga Sipil

Karena ia mengajak pelaku industri mebel untuk berkomitmen menciptakan pembangunan yang berkelanjutan, pembangunan yang ramah lingkungan, mendorong produksi yang rendah karbon dan mendistribusikan manfaat ekonomi secara inklusif.

“Itulah titipan saya kepada para pelaku industri permebelan. Semangat tersebut harus dipegang teguh, karena skema pembiayaan dan pasar pun akan semakin mempersyaratkan semangat pembangunan berkelanjutan,” ujar Presiden Jokowi.

Pameran virtual Ifex, kata Presiden, adalah arena strategis bagi para produsen di hulu sampai hilir sektor industri mebel, serta para calon pembeli baik dari skala nasional maupun global.

Baca Juga: 5 Ketentuan Pemberian Afirmasi Nilai Tambahan Bagi Peserta Seleksi Guru PPPK, Ini Rinciannya

“Bukan hanya untuk bertemu, tetapi yang lebih penting adalah bertransaksi,” ujar Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KAI Borong 3 Penghargaan Indonesia BUMN Awards 2021

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:54 WIB

Mengenal OSS, Manfaat dan Prasyarat Sebelum Akses

Rabu, 13 Oktober 2021 | 06:37 WIB
X