• Sabtu, 13 Agustus 2022

Pasar Keroncong Kotagede Hadir dengan Keroncong untuk Negeri, Besok Malam

- Kamis, 25 November 2021 | 09:15 WIB
 Penampilan Orkes Keroncong Sebrang di Pasar Keroncong Kotagede 2017.  (Foto: Muchlis Choirul Anwar )
Penampilan Orkes Keroncong Sebrang di Pasar Keroncong Kotagede 2017. (Foto: Muchlis Choirul Anwar )

harianmerapi.com - Keroncong Kotagede kembali hadir untuk menghibur para pecinta keroncong pada Jumat, 26 November 2021 besok malam.

Acara yang dilaksanakan secara virtual tersebut disiarkan melalui live streaming Youtube Pasar Keroncong Kotagede pukul 19.00 WIB.

Gelaran Pasar Keroncong Kotagede dilaksanakan di wilayah Kotagede yang selama ini menjadi kawasan tonggak budaya Mataram, cikal bakal Yogyakarta.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Manchester City vs PSG 2-1, Keduanya Lolos ke Babak 16 Besar

Pada tahun ini Pasar Keroncong Kotagede mengangkat tema Keroncong untuk Negeri.

Acara yang dimotori Dinas Pariwisata DIY tersebut menghadirkan Michela Tea, Puput & Friends. Para penonton daring juga akan dihibur dengan atraksi musik keroncong dari OK.Kharisma, Orkes Sarlegi, Gamelantic, OK.Kalopsia, Ok.C-7 (Setoejoe), Ok.X-Bening, dan Ok.Kolaborasa.

Dikatakan Fitri Diah Wahyuni M. Si. selaku Kepala Bidang Industri Dinas Pariwisata DIY, adanya Pasar Keroncong Kotagede merupakan upaya untuk melestarikan musik keroncong yang saat ini mulai banyak ditinggalkan.

Baca Juga: Didominasi Banjir, Puting Beliung dan Tangah Longsor, Telah Terjadi 2.552 Kejadian Bencana di Indonesia

Menurut Fitri, di Kotagede dulunya memiliki group-group musik keroncong yang kerap mengisi panggung di tengah masyarakat Yogyakarta namun dengan hadirnya musik genre lain membuat musik keroncong mulai dilupakan.

Acara tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat tanpa adanya penonton untuk meminimalisir adanya kerumunan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BLACKPINK akan manggung di Jakarta, catat tanggalnya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:30 WIB
X