Cegah rabies, hewan peliharaan di Temanggung mendapatkan vaksin dari DKPPP

- Rabu, 23 November 2022 | 15:20 WIB
Petugas dan pemilik hewan peliharaan usai melakukan penyuntikan vaksin rabies.  (Pemkab Temanggung)
Petugas dan pemilik hewan peliharaan usai melakukan penyuntikan vaksin rabies. (Pemkab Temanggung)

HARIAN MERAPI - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Temanggung melalui UPTD Puskeswan dan Balai Inseminasi Buatan menggelar vaksinasi rabies gratis pada kucing, untuk mencegah penularan dan kejangkitan penyakit rabies pada hewan peliharaan.

Kepala UPTD Puskeswan dan Balai Inseminasi Buatan Drh Nurul Khasanah mengatakan selain penyuntikkan vaksinasi juga dilakukan sosialisasi atau edukasi terkait rabies pada pemilik hewan peliharaan.

"Kami gencarkan vaksinasi dan sosialisasi, sasaran pada masyarakat umum. Kali ini ada 50 ternak yang divaksin" kata Drh. Nurul Khasanah, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Teman pria baru gondol sepeda motor dan uang, berawal kenalan lewat medsos

Dikatakan sosialisasi vaksinasi dan pencegahan penyakit rabies selama ini dilakukan, baik di media massa, maupun secara langsung kepada pemilik hewan.

Dikemukakan menerangkan penyakit rabies dapat menular pada manusia melalui gigitan, maka itu pada pemilik hewan peliharaan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit rabies dengan melakukan vaksinasi rabies pada hewan peliharaannya.

Dikemukakan melalui pemberian stimulan kepada hewan ini, harapan ke depan, para pemilik hewan peliharaan penular rabies, di antaranya anjing, kucing, dan kera dapat melakukan vaksinasi mandiri ke dokter hewan praktek yang ada di sekitar tempat tinggal.

“Selama ini belum ditemukan kasus rabies di Temanggung, sehingga perlu dipertahankan yakni pencegahan ada rabies," kata dia.

Baca Juga: Dua jenazah korban longsor Candirejo Gunungkidul berhasil ditemukan tim SAR gabungan tadi malam

Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Temanggung Dwi Sulistyowati mengatakan hewan peliharaan harus mendapat perhatian khusus dalam perawatan sehingga bebas penyakit seperti rabies.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X