• Rabu, 1 Desember 2021

Ratusan Pedagang Alun-alun Wates Terdampak PPKM Dibantu Baznas Kulonprogo Sebesar Rp 500 Ribu

- Kamis, 29 Juli 2021 | 20:13 WIB
Penyaluran bantuan secara simbolis dari Baznas Kulonprogo. Foto: Amin Kuntari (Penyaluran bantuan secara simbolis dari Baznas Kulonprogo. Foto: Amin Kuntari)
Penyaluran bantuan secara simbolis dari Baznas Kulonprogo. Foto: Amin Kuntari (Penyaluran bantuan secara simbolis dari Baznas Kulonprogo. Foto: Amin Kuntari)

KULONPROGO, harianmerapi.com - Baznas Kulonprogo menyalurkan dana untuk penanganan dampak Covid-19 dengan nilai total lebih dari Rp 768 juta. Diharapkan, pentasyarufan dana Baznas tersebut dapat membantu penanganan Covid-19 di wilayah Kulonprogo agar lebih optimal.

Ketua Baznas Kulonprogo, Abdul Madjid mengatakan, dana yang disalurkan pihaknya dalam penanganan dampak Covid-19 meliputi bantuan isolasi mandiri (isoman) di rumah senilai Rp 30,4 juta, bantuan isoman di pondok pesantren Rp 7 juta, bantuan tanggap Covid-19 di kelurahan/kalurahan Rp 481 juta serta bantuan tanggap Covid-19 di kapanewon Rp 130 juta. Selain itu, juga bantuan relawan pemakaman protokol kesehatan (prokes) Rp 14,5 juta dan insentif bagi PKL Rp 106 juta.

"Bantuan ini kami salurkan untuk mendukung aktivitas satgas di kalurahan dan kapanewon secara umum meliputi akomodasi dan transportasi. Sebelumnya, kami menerima masukan dari kapanewon berupa keluhan pihak kalurahan yang mengalami kendala keterbatasan anggaran, sementara aktivitas penanganan Covid-19 harus terus berlanjut," katanya, di sela pentasyarufan dana secara simbolis di Kantor Baznas Kulonprogo, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Bantu Warga Kulonprogo Terdampak Pandemi, Alumni Akpol Tahun 1991 Berbagi Sembako dan Masker

Abdul Madjid menyebut, masing-masing kapanewon menerima bantuan dana Rp 10 juta, sementara kalurahan Rp 5 juta. Di Kulonprogo ada 12 kapanewon, 87 kalurahan dan 1 kelurahan yang menerima bantuan tersebut. Pentasyarufan dana Baznas sudah dilakukan sejak Januari lalu dan akan terus berlanjut dengan disesuaikan situasi dan kondisi di lapangan.

Ditanya terkait bantuan untuk PKL, menurut Abdul Madjid ada 600 pedagang yang menerima bantuan Baznas. Mereka adalah PKL di Alun-alun Wates dan objek wisata se-Kulonprogo yang terdampak penerapan PPKM Darurat. Masing-masing pedagang menerima bantuan uang tunai Rp 500.000.

"Di Alun-alun Wates, dana Baznas sudah kami salurkan kepada 212 pedagang. Pentasyarufan kami lakukan secara langsung dengan melibatkan dinas terkait," ucapnya.

Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana yang berkesempatan hadir dalam pentasyarufan dana Baznas menyampaikan terimakasih atas bantuan dari Baznas dalam penanganan dampak Covid-19 di Kulonprogo. Hal ini dinilai bermanfaat, mengingat anggaran yang dimiliki Pemkab sangat terbatas.

"Tanpa dukungan anggaran, penanganan dampak Covid-19 tidak akan maksimal," ucap Fajar.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Terkini

Agung Kurniawan Jabat Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo

Senin, 22 November 2021 | 18:21 WIB
X