• Sabtu, 26 November 2022

Pengembangan potensi industri dan YIA diyakini jadi daya tarik investasi

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 19:20 WIB
Koordinasi Bea Cukai Yogyakarta dengan PT Angkasa Pura I dan Pemkab Kulon Progo di Kompleks Pemkab Kulon Progo.  (Foto: Amin Kuntari)
Koordinasi Bea Cukai Yogyakarta dengan PT Angkasa Pura I dan Pemkab Kulon Progo di Kompleks Pemkab Kulon Progo. (Foto: Amin Kuntari)

 

KULON PROGO, harianmerapi.com - Kulon Progo dinilai sebagai daerah yang memiliki banyak potensi.

Pengembangan potensi termasuk kawasan industri yang didukung keberadaan bandara YIA di wilayah ini diyakini dapat mengundang masuknya investasi hingga berujung pada kegiatan ekonomi pembuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto mengatakan, potensi investasi industri yang dimiliki Kulon Progo bisa dikembangkan bersamaan dengan pengoptimalan bandara YIA.

Baca Juga: Para Kyai NU yang dikenal sakti di Pulau Jawa, salah satunya pernah menjabat Presiden ke-4 RI

Karena itulah, pihaknya melakukan koordinasi awal untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Kulon Progo dan PT Angkasa Pura sebagai upaya meningkatkan potensi-potensi investasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah DIY khususnya Kulon Progo.

"Kulon Progo memiliki potensi yang sangat besar sehingga diperlukan koordinasi terkait potensi terkait investasi," kata Eko, Rabu (24/8/2022).

Secara umum, lanjutnya, kawasan industri terpadu di Jawa bagian utara seperti Kendal dan Batang sudah penuh akan investasi. Namun, kondisi berbeda terjadi di wilayah selatan yang masih sangat berpotensi untuk dikembangkan seperti di wilayah DIY khususnya Kulon Progo.

"DIY memiliki kawasan peruntukan industri sekitar 5.800 hektar yang terbagi menjadi tujuh sektor salah satunya Sentolo Kulon Progo. Potensi ini harus diangkat agar investasi masuk, sehingga ada kegiatan ekonomi baru yang memberikan lapangan kerja baru bagi masyarakat DIY dan Kulon Progo," jelas Eko.

Baca Juga: Kisah misteri gelagat tak biasa dari Pak Mandor saat membangun rumah Agi, ternyata .........

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gula semut Kulon Progo terstandarisasi CSQA

Rabu, 16 November 2022 | 21:15 WIB

Teladani semangat pahlawan untuk membangun Kulon Progo

Kamis, 10 November 2022 | 21:30 WIB
X