• Jumat, 30 September 2022

Optimalkan pembangunan daerah pada sektor pariwisata alam, DPRD Kulon Progo kunjungi Kota Probolinggo

- Minggu, 24 Juli 2022 | 14:58 WIB
 Penyerahan cindera mata dari DPRD Kulon Progo kepada DPRD Kota Probolinggo. (Foto : Amin Kuntari)
Penyerahan cindera mata dari DPRD Kulon Progo kepada DPRD Kota Probolinggo. (Foto : Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - DPRD Kulon Progo terus berupaya mengoptimalkan pembangunan daerah pada sektor pariwisata alam di wilayah setempat. Salah satu langkah yang dilakukan dewan yakni berkunjung ke Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Kunjungan kerja ke Kota Probolinggo, Jawa Timur dilakukan DPRD Kulon Progo pada Senin-Rabu (18-20/7/2022). Dalam kunjungan ini, dewan mengajak serta Dinas Pariwisata Kulon Progo dan awak media yang tergabung dalam Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK).

Nampak dalam kunjungan, Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati, Wakil Ketua I DPRD Kulon Progo, Ponimin dan Wakil Ketua II DPRD Kulon Progo, Lajiyo Yok Mulyono. Selain itu, juga turut serta dalam kunjungan Ketua Komisi III Nur Eni Rahayu, Sekretaris Komisi II Priyo Santoso, Ketua Komisi IV Muhtarom Asrori dan Wakil Ketua I Aris Syarifudin.

Baca Juga: Prancis kandaskan Belanda 1-0, maju ke semifinal Euro Putri 2022, ini lawannya

"Kami bermaksud untuk belajar tentang optimalisasi peran DPRD dalam pembangunan daerah terutama pada sektor pariwisata alam," kata Akhid.

Ia menambahkan, sistem yang ada di perkotaan diyakini selangkah lebih maju daripada kabupaten. Karenanya, studi banding digelar di Kota Probolinggo sebagai kota transit wisatawan yang berkunjung ke berbagai objek wisata alam di Kabupaten Probolinggo.

"Kita semua tahu, Kabupaten Probolinggo punya Objek Wisata Gunung Bromo yang menjadi idola wisatawan. Kota Probolinggo sebagai kota transit tentu memiliki langkah-langkah dan kebijakan dalam mengoptimalkan pembangunan daerahnya," jelas Akhid.

Kunjungan ini, tambahnya, merupakan tindak lanjut dari KUA-PPAS Murni 2023 APBD Kulon Progo yang diterima DPRD. Di dalamnya terdapat program unggulan berupa peningkatan infrastruktur, aksesbilitas dan sarana prasarana pariwisata sebagai pembangkit ekonomi yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Hal ini didukung dengan program pembangunan di Kulon Progo yang salah satu temanya terkait infrastruktur pembangunan.

Baca Juga: Masyarakat diminta waspada gelombang tinggi hingga 6 meter di perairan Indonesia, begini peringatan BMKG

"Kami cukup berbangga hati dengan kinerja Dinas Pariwisata Kulon Progo yang telah berhasil mendapatkan PAD dari retribusi pariwisata dengan capaian 49 persen pada Mei 2022. Kami optimis, target kunjungan wisatawan pada tahun ini bisa tercapai," tegas Akhid.

Menanggapi kunjungan DPRD Kulon Progo, Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo, Agus Riyanto mengatakan, selama ini pihaknya berupaya mengoptimalkan pembangunan daerah dengan memanfaatkan posisi sebagai kota transit wisatawan. Kota Probolinggo memiliki luas 56.000 m2 dengan 29 kalurahan dan enam kecamatan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Kulon Progo dijabat Triyono

Selasa, 20 September 2022 | 21:56 WIB

Teteg wetan resmi ditutup, pengendara mengeluh jauh

Selasa, 20 September 2022 | 21:45 WIB

Karya Bakti TNI buka akses transportasi di Girinyono

Senin, 5 September 2022 | 19:45 WIB

Puluhan seniman mainkan gamelan keliling Kulon Progo

Jumat, 26 Agustus 2022 | 20:30 WIB
X