• Senin, 23 Mei 2022

Menuju Kulon Progo Kabupaten Layak Anak, Dewan Dorong Pemenuhan Hak Anak dan Perempuan

- Senin, 20 Desember 2021 | 17:19 WIB
Semiloka Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) di Omah Beji Wates.  (Foto: Amin Kuntari)
Semiloka Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) di Omah Beji Wates. (Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - DPRD Kulon Progo terus berupaya mendorong pemenuhan hak anak dan perempuan di wilayah setempat. Sebab saat ini, cukup banyak anak dan perempuan di Kulon Progo yang belum mendapatkan hak dasarnya seperti pendidikan dan kesehatan.

Ketua DPRD Kulon Progo, Akhir Nuryati mengatakan, pemenuhan hak anak dan perempuan sangat penting dalam upaya mengimplementasikan peraturan perundangan sekaligus memperkuat dan meningkatkan status Kulon Progo sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). Terlebih saat ini, Kulon Progo sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang KLA.

"Perda KLA merupakan inisiatif DPRD Kulon Progo sebagai upaya legislatif dalam merealisasikan perlindungan anak dan perempuan. Karenanya, hak anak dan perempuan harus diperhatikan serius oleh banyak pihak baik legislatif, eksekutif maupun masyarakat umum," kata Akhid, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Ini Alasan Manajemen PSS Sleman Tunjuk I Putu Gede Jadi Pelatih Baru Gantikan Dejan Antonic

Politisi PDIP ini menilai, Perda KLA yang dicetuskan dewan tidak bisa dilaksanakan maksimal tanpa dukungan dan kerjasama dinas/ instansi terkait dan lembaga vertikal termasuk PKK kalurahan. Akhid pun selalu mewanti-wanti ketua PKK kalurahan agar jangan sampai ada hak anak dan perempuan yang tidak terpenuhi.

"Apalagi sampai terlantar. Penyelenggara negara dan masyarakat harus berupaya maksimal memberikan perlindungan dan memenuhi hak mereka," ucapnya.

Jika pada sebuah kabupaten masih ada hak anak dan perempuan yang belum terpenuhi, maka penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten tersebut dinilai belum maksimal. Artinya, pemerintah setempat bersama masyarakat belum mampu mewujudkan KLA secara maksimal.

"Kami mendorong eksekutif dan masyarakat untuk mengantisipasi agar jangan sampai ada anak dan perempuan yang terlantar," tegas Akhid.

Baca Juga: Tajir Melintir, Raffi Ahmad Kasih Bonus ke Mbak Lala Rp100 Juta, Alasannya Apa Ya....

Sebagai upaya perwujudan pemenuhan hak anak dan perempuan, DPRD Kulon Progo telah menggelar Semiloka Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) di Omah Beji Wates, Minggu (19/12/2021).

Akhid bersama Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinsos P3A Kulon Progo, Ernawati Sukeksi menjadi pembicara dalam semiloka bertemakan 'Peran Perempuan dan Keluarga dalam Mendukung Terwujudnya KLA' ini.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pers Harus Mengkritik dengan Santun

Rabu, 27 April 2022 | 19:20 WIB
X