• Senin, 27 Juni 2022

Tips Membuat Kata Sandi yang Aman dan Kuat

- Jumat, 6 Mei 2022 | 19:40 WIB
Ilustrasi keamanan data pribadi di aplikasi digital.  (ANTARA/HO/Pixabay)
Ilustrasi keamanan data pribadi di aplikasi digital. (ANTARA/HO/Pixabay)

JOGJA, harianmerapi.com - Hari Kamis pertama setiap Mei diperingati sebagai Hari Kata Sandi Sedunia, World Password Day.

Hari Kata Sandi Sedunia ini digagas oleh Intel pada 2013, bisa dijadikan sebagai pengingat untuk mengecek keamanan digital.

Laman Cnet melaporkan kata sandi digunakan sejak ukuran komputer mengecil dan bisa ditaruh di meja. Seiring perkembangan zaman, semakin banyak teknologi yang digunakan untuk mengamankan kata sandi.

Baca Juga: Tips Aman Menempuh Perjalanan Arus Balik Lebaran 2022

Sejumlah perusahaan internet sedang mencari cara untuk menggantikan fungsi sandi, agar pengguna bisa masuk ke akun tanpa memasukkan kata sandi.

Sambil menantikan cara baru untuk login akun tanpa kata sandi, berikut ini cara yang bisa digunakan untuk memperkuat keamanan akun internet.

1. Panjang
Semakin panjang kata sandi, semakin baik perlindungan yang diberikan. Pakar berpendapat kata sandi terbaik berukuran 16 karakter bisa menangkal akun dibobol menggunakan perangkat lunak untuk menembus kata sandi.

Baca Juga: Kisah Lucu Penggemar Berat Sinetron Ikatan Cinta Gelar Syukuran dan Pergi Hajatan Tetangga Salah Parfum

Perlindungan terbaik diberikan oleh kata sandi 16 karakter berisi karakter acak. Tapi, dalam kebanyakan situasi, kombinasi tiga kata yang tidak berkaitan, cukup untuk memberikan keamanan pada akun internet.

Karakter khusus seperti tanda seru atau simbol juga bisa digunakan untuk memperkuat kata sandi.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Membuat Kata Sandi yang Aman dan Kuat

Jumat, 6 Mei 2022 | 19:40 WIB
X