• Sabtu, 25 Juni 2022

Penampakan Tank Harimau Buatan Indonesia-Turki yang Rampung Diproduksi, Tank Kelas Medium Terbaik di Dunia

- Kamis, 17 Maret 2022 | 08:31 WIB
Sebanyak 10 unit tank Harimau kelas medium hasil kerja sama Indonesia-Turki tahap pertama selesai diproduksi di pabrik perusahaan sistem pertahanan Turki FNSS di Ankara, Turki pada Rabu (16/3/2022).  (ANTARA/HO-KBRI Ankara)
Sebanyak 10 unit tank Harimau kelas medium hasil kerja sama Indonesia-Turki tahap pertama selesai diproduksi di pabrik perusahaan sistem pertahanan Turki FNSS di Ankara, Turki pada Rabu (16/3/2022). (ANTARA/HO-KBRI Ankara)

JAKARTA, harianmerapi.com - Sebanyak 10 unit Tank Harimau kelas medium hasil kerja sama Indonesia-Turki tahap pertama selesai diproduksi pada Rabu (16/3/2022).

Peresmian 10 unit produksi pertama tank tersebut dilaksanakan di pabrik perusahaan sistem pertahanan Turki FNSS di Ankara.

Peresmian itu dihadiri oleh Ketua Presidensi Industri Pertahanan Turki Ismail Demir, Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Agus Subiyanto dan sejumlah perwira tinggi angkatan darat RI serta perwakilan PT. Pindad.

Baca Juga: Hasil Liga Champions, Chelsea Bungkam Lille dengan Agregat 4-1, Susul Manchester City dan Liverpool

"Ini adalah model kerja sama industri pertahanan yang ideal antara Indonesia dan Turki. Kerja sama dilakukan mulai dari tahap desain dan pengembangan hingga produksi bersama, sehingga benar-benar mengakomodasi kebutuhan spesifik di Indonesia," kata Dubes Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangannya, Kamis (17/3).

Pada tahap awal tank canggih itu direncanakan akan diproduksi 18 unit untuk TNI. Sebanyak 10 unit telah diproduksi di pabrik FNSS di Ankara, dan 8 unit sedang dalam tahap produksi di pabrik PT Pindad di Bandung.

Tank kelas medium yang mulai digagas melalui kerja sama pada 2010 itu sepenuhnya didesain dan dikembangkan oleh dua perusahaan industri kendaraan lapis baja terbaik di Indonesia dan Turki, yaitu FNSS dan PT Pindad.

Baca Juga: Kunjungi Korban Banjir di Kecamatan Butuh Purworejo, Ini yang Dilakukan Ganjar Pranowo Bareng Anak Pengungsi

Setelah tahap desain dan pengembangan selesai, produksi bersama dimulai secara resmi pada 2019.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Membuat Kata Sandi yang Aman dan Kuat

Jumat, 6 Mei 2022 | 19:40 WIB
X