• Senin, 29 November 2021

Tingkatkan Produksi Ayam Kampung dengan Kawin Silang

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:35 WIB
Seminar Purna Tugas di Fapet UGM.  (Dok.Humas Fapet UGM)
Seminar Purna Tugas di Fapet UGM. (Dok.Humas Fapet UGM)

KAWIN silang antara ayam jantan kampung dengan betina ras petelur bisa menjadi solusi untuk meningkatkan produksi ayam kampung. Persilangan ini menghasilkan ayam kampung super (kamper) atau sering disebut juga Jowo super (joper).

Hal itu dijelaskan dosen Fakultas Peternakan UGM, Dr Ir Sri Sudaryati MS dalam Seminar Purna Tugas, Rabu (13/10/2021) di Fakultas Peternakan (Fapet) UGM. Seminar dengan tema Pengembangan dan Bisnis Ayam Kampung dari Hulu ke Hilir ini sekaligus untuk menyemarakkan Dies Natalis ke-52 Fapet UGM.

“Tidak kalah penting, masih ada banyak manfaat penting lain seperti bisa sebagai sarana sharing ilmu, syukuran serta saling silaturahmi. Saya sudah resmi pensiun dari Fapet UGM, Mei tahun ini tapi masih sering juga diundang ke Fapet kalau ada acara penting,” paparnya.

Baca Juga: Pencuri di Gunungkidul Seorang Diri Bobol 20 Sekolah dalam Waktu Lima Bulan

Menurutnya, dosen yang sudah purna tugas wajib mengadakan Seminar Purna Tugas. Kegiatan seperti ini sekaligus untuk menggambarkan, meski sudah pensiun dari Fapet UGM namun masih tetap dapat berbagi ilmu kapan dan di mana saja. Ia sendiri sewaktu S3, disertasinya penelitian seputar ayam kampung.

Lalu usaha mendapatkan ayam kamper atau Joper, lanjut Sri Sudaryati, harus diingat adanya male line dan female line. Garis keturunan jantan harus memiliki daya hidup yang tinggi, telur besar dan berat badan bagus. Pasalnya, akan menurunkan sifat-sifat ini pada anaknya.

Sementara itu, garis keturunan betina harus memproduksi telur dengan baik, cangkang telur bagus kualitas telur bagus.

Baca Juga: Rachel Vennya Minta Maaf Usai Kabur dari Karantina

Garis keturunan jantan dan betina dengan sifat-sifat tersebut akan menghasilkan ayam dengan daya hidup yang tinggi, badan besar, telur besar, produksi telur bagus dan cangkang telur yang bagus.

Adapun untuk peningkatan kualitas pejantan ayam kampung, sebutnya, harus dilakukan secara berkesinambungan oleh peternak. Sementara peningkatan kualitas betina petelur sudah pasti dilakukan oleh pembibit ayam petelur.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yahoo Stop Layanan di China

Rabu, 3 November 2021 | 10:38 WIB

Facebook Akan Matikan Fitur Pengenalan Wajah

Rabu, 3 November 2021 | 08:45 WIB

Facebook Ganti Nama Diprotes Pionir Metaverse

Selasa, 2 November 2021 | 10:59 WIB
X