• Selasa, 25 Januari 2022

Saat Vaksin Covid-19 Tak Berdaya Lawan Omicron, Langkah ini yang Bisa Diterapkan

- Selasa, 7 Desember 2021 | 08:00 WIB
lustrasi - Jarum suntik medis dan botol terlihat di depan teks Omicron (B.1.1.529): SARS-CoV-2 di latar belakang.  (ANTARA/Pavlo Gonchar/SOPA Images via Reuters)
lustrasi - Jarum suntik medis dan botol terlihat di depan teks Omicron (B.1.1.529): SARS-CoV-2 di latar belakang. (ANTARA/Pavlo Gonchar/SOPA Images via Reuters)

harianmerapi.com - Varian baru Covid-19, Omicron menghantui dunia. Namun menjadi tantangan bagi ilmuwan untuk membuat vaksin guna melawannya.

Hanya saja dibutuhkan waktu lama, bahkan hingga berbulan-bulan sementara Omicron ada di depan mata. Varian ini telah menyebar ke sejumlah negara.

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menyebut berdasarkan pemantauan, saat ini virus Corona B.1.1.529 atau Omicron terdeteksi sudah di 45 negara.

Baca Juga: Pentas Ketoprak Meriahkan Hari Jadi ke-75 Sidoluhur, Berikut Ini Rangkaian Acara Selengkapnya

Negara yang tertinggi ditemukan kasus Omicron adalah Afrika Selatan dan Inggris yakni lebih dari 100. Negara lainnya Zimbabwe 50 kasus dan Amerika Serikat 38 kasus.

Untuk mendeteksi adanya Omicron ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta pemeriksaan sampel menggunakan metode Whole Genome Sequencing (WGS) diperbanyak.

Mencegah dan mengurangi tingkat kesakitan akibat paparan Covid-19 dengan vaksin yang sudah berjalan baik selama ini, dinilai tidak optimal menghadapi Omicron.

Baca Juga: Manchester United Lawan Aston Villa di Putaran Ketiga Piala FA 2021, Ini Hasil Lengkap Undiannya

Omicron yang tidak terlawan oleh vaksin ini dapat menyebabkan penyakit dan meningkatkan hunian perawatan di rumah sakit. Jika demikian akan memperpanjang pandemi di bumi ini, termasuk di Indonesia.

Bos Moderna Stephane Bancel menyampaikan vaksin yang ada saat ini dinilai kurang ampuh melawan varian Omicron.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diet Aman dan Sehat, Begini Tips dari Ahli Gizi UGM

Kamis, 13 Januari 2022 | 07:22 WIB
X