• Senin, 29 November 2021

Hati-hati, Ini Bahayanya Jika Tes Antigen Tanpa Bantuan Tenaga Profesional

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 05:34 WIB
Ilustrasi petugas kesehatan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang melakukan tes PCR kepada salah satu penumpang yang akan berangkat melalui bandara itu, Jumat (20/8/2021).  (FOTO ANTARA/HO-Angkasa Pura I Bandara Lombok)
Ilustrasi petugas kesehatan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang melakukan tes PCR kepada salah satu penumpang yang akan berangkat melalui bandara itu, Jumat (20/8/2021). (FOTO ANTARA/HO-Angkasa Pura I Bandara Lombok)

harianmerapi.com - Jangan sekali-kali melakukan tes antigen tanpa bantuan tenaga profesional, karena risikonya cukup berbahaya.

Sebagaimana dikatakan Dokter Mikrobiologi Klinik RSUD dr. Iskak Tulungagung, Jawa Timur, dr. Rendra Bramanthi Sp. MK(K), jika tes usap antigen tanpa bantuan tenaga profesional atau ahli, justru berpotensi meningkatkan risiko penularan Covid-19.

"Risiko penularannya sangat besar, karena tidak tahu cara atau teknik pengambilan sampel usap yang benar seperti apa," kata Rendra di Tulungagung, Senin 25 Oktober 2021.

Baca Juga: Ole Gunnar Solskjaer Tinggal Menghitung Hari di Manchaster United

Dijelaskan Rendra, selain tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai teknik pengambilan sampel dengan cara usap (swab), tidak ada alat pelindung diri (APD) yang memadai juga akan menimbulkan risiko.

Sebab, ukuran virus yang sangat kecil sehingga sulit untuk dilihat tanpa bantuan alat.

Tak hanya berisiko penularan, melakukan tes usap antigen sendiri juga akan berisiko mengalami komplikasi karena masing-masing orang memiliki struktur hidung yang tidak sama. Tentu hal ini membuat rongga hidung memiliki kelebaran yang tidak sama.

Baca Juga: Lelang Sepatu Michael Jordan Pecahkan Rekor, Laku Terjual Rp20,8 Miliar

"Ketika melakukan swab dan tidak mengetahui struktur rongga hidung, bisa jadi mengakibatkan luka dan berpotensi komplikasi," urainya.

Beberapa bahaya lain yang kemungkinan dapat terjadi ketika melakukan swab sendiri adalah ujung tangkai yang digunakan untuk melakukan swab patah dan akan berakibat pendarahan yang fatal.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB

Khasiat Madu Pahit untuk Jaga Imunitas Tubuh

Senin, 8 November 2021 | 10:45 WIB

7 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Kesehatan

Senin, 1 November 2021 | 17:52 WIB

Perhatikan, Ini Dua Golongan Faktor Risiko Stroke

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 08:21 WIB
X