• Rabu, 19 Januari 2022

Guna Menjaga Keandalan Listrik Nasional, PLN Amankan Suplai Batu Bara Jangka Panjang

- Minggu, 5 September 2021 | 12:13 WIB
Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kedua kanan) saat mengunjungi PT Bukit Asam guna memastikan pasokan batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik.  (ANTARA/HO-PLN.)
Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kedua kanan) saat mengunjungi PT Bukit Asam guna memastikan pasokan batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik. (ANTARA/HO-PLN.)


JAKARTA, harianmerapi.com - PT PLN (Persero) mengambil langkah strategis guna menjaga keandalan listrik nasional.

Salah satu upayanya adalah mengamankan suplai batu bara jangka panjang dari emiten pertambangan PT Bukit Asam Tbk. Ini dilakukan sebagai upaya menjamin keandalan listrik nasional dan mengatasi fluktuasi harga komoditas.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan perseroan mencari solusi terbaik mengenai pasokan energi primer yang andal, salah satunya batu bara dengan orientasi kerja sama jangka panjang.

Baca Juga: Bupati Banyumas Optimistis Daerahnya Masuk Kriteria PPKM Level 2, Karena Jumlah Kasus Menurun

"Dengan fluktuasi harga, maka tentu saja harapan kami pasokan batu bara di masa mendatang bisa stabil," kata Darmawan dalam keterangan di Jakarta, Minggu (5/9/2021).

PLN mengapresiasi kerja sama lintas perusahaan negara dengan Bukit Asam dan KAI dalam mendukung pasokan energi di Indonesia.

Darmawan menjelaskan ke depan negara semakin berkembang dan membutuhkan keandalan listrik, sehingga PLN memerlukan dukungan dari berbagai pihak agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam sektor ketenagalistrikan.

Baca Juga: Biaya Politik Mahal Jadi Bumerang Sistem Demokrasi, Bisa Melahirkan Praktik Korupsi

"Agar pasokan ke depan lebih andal dan harga stabil sehingga pelayanan listrik bisa lebih baik lagi, PLN memastikan pasokan batu bara dalam jangka panjang. Kolaborasi dengan PTBA ini bisa jangka panjang," ujarnya.

"Kami analisis secara teknis dan komersial juga resiko. Ini akan dilanjutkan studi bersama PLN dan PTBA dan soal pengangkutan dengan KAI," tambah Darmawan.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X