• Jumat, 12 Agustus 2022

Justin Bieber Derita Sindrom Ramsay Hunt, Ini Penjelasan Ahli Bedah Spesialis Kelumpuhan Wajah

- Minggu, 12 Juni 2022 | 15:45 WIB
Justin Bieber positif COVID-19, konser Las Vegas ditunda ( ANTARA/instagram/justinbieber)
Justin Bieber positif COVID-19, konser Las Vegas ditunda ( ANTARA/instagram/justinbieber)

JOGJA, harianmerapi.com - Penyanyi Justin Bieber telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan awal setelah dia didiagnosis menderita sindrom Ramsay Hunt.

Ahli bedah spesialis kelumpuhan wajah asal Inggris Charles Nduka mengatakan, adalah sindrom Ramsay Hunt yang menyebabkan wajah Bieber lumpuh separuh.

"Saya memperhatikan dalam video yang dibagikan oleh Bieber, tampaknya ada beberapa tanda bahwa dia sedang pemulihan," kata Nduka, sebagaimana dikutip Antara dari Reuters pada Minggu (12/6/2022).

Baca Juga: PMK Hewan Ternak Semakin Meluas, Kadin Jatim Minta Pemerintah Tetapkan Status KLB

Nduka menjelaskan bahwa saat mengalami kelumpuhan wajah, salah satu tanda yang paling jelas adalah pasien tidak dapat menutup mata secara penuh saat berkedip dan tidak dapat tersenyum.

"Sebelum senyumnya pulih, hal pertama yang akan terjadi adalah wajah yang semakin simetris saat beristirahat. Jadi, pangkal hidung sering sedikit terangkat dan mulutnya menjadi lebih rata. Dalam video yang dibagikan, saya bisa melihat beberapa tanda pemulihan awal," ujarnya.

Menurut Nduka, sekitar 75 persen dengan sindrom tersebut bisa sembuh total jika dia mendapatkan pengobatan sejak dini.

Baca Juga: Ternyata, Bung Karno Pernah jadi Pegawai Tidak Tetap Kereta Api di Stasiun Semut Surabaya

Dia pun mengingatkan pentingnya bagi orang-orang yang bekerja di industri hiburan untuk mengatasi masalah apapun yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sebelum kembali bekerja. Pasalnya, menurut dia, orang yang bekerja di industri tersebut kerap mendapatkan tekanan agar dapat kembali bekerja sesegera mungkin.

"Mereka berada di bawah tekanan untuk kembali bekerja sesegera mungkin. Tapi, hal itu hanya akan menyebabkan masalah jangka panjang," katanya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hakim Tolak Banding Amber Heard Atas Johnny Depp

Kamis, 14 Juli 2022 | 10:00 WIB
X