• Sabtu, 13 Agustus 2022

Propam Polres Temanggung Mendadak Razia Anggota, Pelototi Rambut Gondrong dan Jenggot Lebat

- Senin, 15 November 2021 | 16:39 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan pada personel Polri (Foto: dokumentasi Polres Temanggung)
Petugas melakukan pemeriksaan pada personel Polri (Foto: dokumentasi Polres Temanggung)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Kasi Propam Polres Temanggung Iptu Tasari mengatakan ada sejumlah anggota yang masih belum disiplin ketika digelar operasi sidak sikap tampang dan kelengkapan surat personel. Di antaranya rambut anggota Polres Temanggung belum rapi dan memelihara jenggot tidak sesuai ketentuan.

"Dalam pemeriksaan ditemukan beberapa anggota yang masih belum rapi yaitu ada beberapa anggota yang rambut dan bulu jenggot tidak sesuai ketentuan," kata dia, Senin (15/11/2021).
Dia mengatakan Pemeriksaan Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktiblin) tersebut dilaksanakan secara mendadak dan tidak terjadwal.

Hal itu katanya bertujuan supaya setiap personel tetap disiplin setiap saat dan setiap waktu.
Dia mengatakan anggota jajaran Polres Temanggung untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh personel Polri.

Baca Juga: Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Temanggung Gelar Operasi Zebra Candi 2021

Wakapolres Temanggung Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi mengatakan seluruh anggota Polres Temanggung baik Perwira, Brigadir maupun ASN (Aparatur Sipil Negara) turut menjalani pemeriksaan Seksi Propam Polres Temanggung.

"Tidak ada pengecualian semua harus menjalani pemeriksaan,"kata dia saat memimpin gaktiplin Senin (15/11/2021).
Wakapolres menyampaikan bahwa Polri terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya personelnya. Dalam hal ini di Polres Temanggung dibuktikan dengan diadakannya Gaktibplin.

"Sebagai Polri harus memiliki sikap tampang disiplin baik saat berdinas maupun dalam kehidupan dehari-hari sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat," katanya.
“Bagi anggota yang ditemukan pelanggaran dilakukan teguran lisan dan juga penyitaan KTA (Kartu Tanda Anggota),” tegasnya.

Tujuan dilaksanakan gaktiplin ini untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota dengan sasaran sikap tampang personil, seragam kepolisian (gampol), kehadiran, kelengkapan surat kendaraan baik roda dua maupun roda empat, kebersihan dan surat kepemilikan senjata api, serta kelengkapan identitas diri (SIM, KTP, KTA).

Baca Juga: Realisasi Pendapatan PBB di Temanggung, Masih Kurang 4 Persen, Pemkab Optimis Tercapai

Dikatakan Tasari tidak hanya pemeriksaan sikap tampang maupun surat nyata diri, namun guna mengantisipasi peredaran maupun pemakaian Narkoba pada anggota Polri maka dilakukan juga tes urine secara acak kepada anggota Polri.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X